Daftar Isi:
  • Rindy Yuni Kartika, 2016: Penerapan Program Tahfidz Al-Qur”an Juz 30 dalam Membetuk Akhlak Santri di Pesantren Nailil Huda Antirogo Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Al-Qur’an mengandung seluruh ilmu pengetahuan adalah salah satu karunia Allah SWT yang sangat besar manfaatnya. Maka dari itu banyak orang berlomba-lomba untuk menghafalkannya. Lembaga pemdidikan telah banyak memberikan wadah dengan menerapkan program tahfidz Al-Qur’an sebagai program pembelajaran. Adanya program tahfidz Al-Qur’an tersebut dapat dijadikan sebagai factor pembentuk akhlak santri karena di dalam program tahfidz Al-Qur’an tersebut terdapat proses Pendidikan dan pembinaan. Berangkat dari latar belakang di atas, peneliti merasa tertarik untuk mengadakan penelitian tentang penerapan program tahfidz Al-Qur’an juz 30 dalam membentuk akhlak santri di Pesantren Nailil Huda Antirogo Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Sehingga dari masalah di atas peneliti merumuskan. a). bagaimana penerapan program tahfidz Al-Qur’an juz 30 dalam membentuk akhlak santri pada aspek habluminaullah di Pesantren Nailil Huda Antirogo Jember Tahun Pelajaran 2015/2016 ? b). bagaimana penerapan program tahfidz AlQur’an juz 30 dalam membentuk akhlak santri pada aspek habluminannas di Pesantren Nailil Huda Antirogo Jember Tahun Pelajaran 2015/2016 ? Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah a). mendeskripsikan penerapan program tahfidz Al-Qur’an juz 30 dalam membentuk akhlak santri pada aspek habluminaullah di pesantren Nailil Huda Antirogo Jember Tahun Pelajaran 2015/2016 b). mendeskripsikan penerapan program tahfidz Al-Qur’an juz 30 dalam membentuk akhlak santri pada aspek habluminannas di Pesantren Nailil Huda Antirogo Jember Tahun Pelajaran 2015/2016 Metodologi penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, jenis penelitian menggunakan kualitatif deskriptif, metode pengumpulan data menggunakan observasi, interview dan dokumentasi, Teknik analisa data menggunakan model Milles and Hubermen Interaktif dan keabsahan data menggunakan triagulasi sumber dan triangulasi Teknik. Adapun hasil penelitian yang didapatkan bahwa (1) penerapan program tahfidz Al-Qur’an juz 30 dapat membentuk akhlak santri pada aspek habluminaullah yang berupa taqwa, bersyukur, tawakal dan bersabar. Pembentukannya melalui pembinaan dan kebiasaan. (2) penerapan program tahfidz Al-Qur’an juz 30 dapat membentuk akhlak santri pada aspek habluminannas yang berupa saling tolong menolong, sopan santun dan kasih sayang. Pembentukannya melalui kebiasaan dan pemberian teladan