IMPLEMENTASI NILAI-NILAI AGAMA MELALUI PEMBIASAAN BAGI ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK (TK) PGRI GEBANG KECAMATAN PATRANG KABUPATEN JEMBER
Daftar Isi:
- Nurul Isnaini Rohma, 2015. Implementasi Nilai-nilai Agama Melalui Pembiasaan Bagi Anak Usia Dini Di Taman Kanak-kanak (TK) PGRI Gebang Kecamatan Patrang Kabupaten Jember. Menanamkan nilai-nilai agama sejak dini merupakan pondasi awal yang harus dibentuk, baik oleh orang tua ataupun guru. Dalam menanamkan nilai-nilai agama bagi anak usia dini tidak cukup hanya dengan berdasarkan teori, akan tetapi perlu ketauladan dan pembiasaan yang terus menerus. Pembiasaan yang baik merupakan bagian penting dalam tahap awal perkembangan anak. Karena pembiasaan-pembiasaan itu akan membentuk akhlak dan pribadi pada diri anak. Fokus penelitian yang diangkat dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah implementasi nilai-nilai agama melalui pembiasaan bagi anak usia dini di Taman Kanak-kanak PGRI Gebang Kecamatan Patrang Kabupaten?. Sedangkan subfokus dalam penelitian ini adalah: (2a) Bagaimanakah implementasi nilai-nilai agama aspek aqidah/tauhid melalui pembiasaan bagi anak usia dini di Taman Kanak-kanak PGRI Gebang Kecamatan Patrang Kabupaten Jember? (2b) Bagaimanakah implementasi nilai-nilai agama aspek syariah/ibadah melalui pembiasaan bagi anak usia dini di Taman Kanak-kanak PGRI Gebang Kecamatan Patrang Kabupaten Jember? (2c) Bagaimanakah implementasi nilainilai agama aspek akhlak melalui pembiasaan bagi anak usia dini di Taman Kanak-kanak PGRI Gebang Kecamatan Patrang Kabupaten Jember?. Ada 2 tujuan dalam penelitian ini yaitu: (1) Tujuan umum untuk mendeskripsikan implementasi nilai-nilai agama melalui pembiasaan bagi anak usia dini di Taman Kanak-kanak PGRI Gebang Kecamatan Patrang Kabupaten Jember. (2) Tujuan khusus (a) Untuk mendeskripsikan implementasi nilai-nilai agama aspek aqidah/tauhid melalui pembiasaan bagi anak usia dini di Taman Kanak-kanak PGRI Gebang Kecamatan Patrang Kabupaten Jember. (b) Untuk mendeskripsikan implementasi nilai-nilai agama aspek syariah/ ibadah melalui pembiasaan bagi anak usia dini di Taman Kanak-kanak PGRI Gebang Kecamatan Patrang Kabupaten Jember. (c) Untuk mendeskripsikan implementasi nilai-nilai agama aspek akhlak melalui pembiasaan bagi anak usia dini di Taman Kanak-kanak PGRI Gebang Kecamatan Patrang Kabupaten Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, interview, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis data kualitatif deskriptif. Keabsahan data menggunakan tehnik triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil dari penelitian ini, dapat diambil beberapa kesimpulan, yaitu: (1) Kesimpulan umum, implementasi nilai-nilai agama melalui pembiasaan bagi anak usia dini di Taman Kanak-kanak PGRI Gebang Kecamatan Patrang Kabupaten Jember dilakukan melalui pembiasaan berdo’a, melafalkan surat-surat pendek, bersalaman dengan guru, membiasakan untuk mengucapkan dan membalas salam, mengenalkan rukun iman dan rukun Islam melalui kegiatan bersyair dan nyanyian, mengenalkan tempat-tempat ibadah melalui kegiatan menyusun kepingan puzzle dan gambar, serta melibatkan peserta didik dalam kegiatan keagamaan. (2) Kesimpulan khusus, (a) implementasi nilai-nilai agama aspek aqidah/tauhid melalui pembiasaan bagi anak usia dini di Taman Kanak-kanak PGRI Gebang Kecamatan Patrang Kabupaten Jember antara lain: mengenalkan rukun iman melalui kegiatan bersyair dan nyanyian, mengenalkan Allah melalui ciptaan-ciptaan-Nya, mengenalkan sifat-sifat Allah yang baik, membiasakan melafalkan kalimat-kalimat toyyibah, membiasakan membaca huruf hijaiyah, membaca surat-surat pendek, dan do’a sehari-hari. (b) implementasi nilai-nilai agama aspek syariah/ibadah melalui pembiasaan bagi anak usia dini di Taman Kanak-kanak PGRI Gebang Kecamatan Patrang Kabupaten Jember dilakukan melalui: mengucapkan dua kalimat syahadat, mempraktekkan sholat, berinfak atau beramal, melaksanakan manasik haji kecil setahun sekali. Sedangkan untuk ibadah puasa pembiasaannya tidak terlaksana dengan baik karena faktor usia dari peserta didik. (c) implementasi nilai-nilai agama aspek akhlak melalui pembiasaan bagi anak usia dini di Taman Kanak-kanak PGRI Gebang Kecamatan Patrang Kabupaten Jember antara lain: bersyukur dan berdo’a kepada Allah, memberi keteladanan dan nasehat yang baik, dan menjaga lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya. Serta memberikan nasehat agar menyayangi binatang, tidak suka mengganggu dan menyakiti binatang