KONSEP PENDIDIKAN ANAK DALAM AL-QUR'AN PERSPEKTIF MANAJEMEN KOMUNIKASI PENDIDIKAN ISLAM
Main Author: | ABDUL BASID, 084089071 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book ArchiveItem |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.iain-jember.ac.id/18/1/COVER.pdf http://digilib.iain-jember.ac.id/18/2/ABSTRAK.pdf http://digilib.iain-jember.ac.id/18/3/DAFTAR%20ISI.pdf http://digilib.iain-jember.ac.id/18/4/BAB%20I.pdf http://digilib.iain-jember.ac.id/18/5/BAB%20II.pdf http://digilib.iain-jember.ac.id/18/6/BAB%20III.pdf http://digilib.iain-jember.ac.id/18/7/BAB%20IV.pdf http://digilib.iain-jember.ac.id/18/8/BAB%20V.pdf http://digilib.iain-jember.ac.id/18/ |
Daftar Isi:
- Kemajuan ilmu pengetahuan dan kecanggihan teknologi informasi di era globalisasi baik melalui televisi, internet maupun media lainnya hampir menjadikan dunia tidak ada batas antar wilayah dan negara sehingga budaya asing (barat) yang mayoritas menyimpang dari norma-norma dan aturan agama masuk ke negara-negara lainnya dengan mudah termasuk ke Indonesia. Hal ini menyebabkan anak mengalami krisis moralitas sehingga perlu mendapatkan perhatian bagi para pendidik terutama orang tua untuk membentengi anak dengan iman yang kokoh agar tidak terbawa ke lembah kesesatan melalui proses komunikasi yang dikelola secara efektif. Untuk membentengi anak dengan iman yang kokoh, maka perlu dituangkan suatu konsep pendidikan yang bersumber dari al-Qur’an yang merupakan sumber pertama dan utama agama Islam. Berdasarkan realita inilah, dilakukanlah kajian dengan judul "Konsep Pendidikan Anak dalam al-Qur'an Perspektif Manajemen Komunikasi Pendidikan Islam".Materi pendidikannya menyangkut masalah akidah, syariah (ibadah), akhlak, dan tazkiyah. Fokus kajian dalam tesis ini mencakup: Bagaimanakah Konsep Pendidikan Anak dalam al-Qur'an Perspektif Manajemen Komunikasi Pendidikan Islam? dan Bagaimanakah Konsep Pendidikan Akidah, Syari'ah, Akhlak dan Tazkiyah dalam alQur'an Perspektif Manajemen Komunikasi Pendidikan Islam Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan konsep pendidikan anak dalam al-Qur'an perspektif manajemen komunikasi pendidikan Islam dan untuk mengidentifikasi konsep pendidikan akidah, syari'ah, akhlak dan tazkiyah dalam al-Qur'an perspektif manajemen komunikasi pendidikan Islam. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka dengan menggunakan pendekatan rasionalistik. Metode analisa yang digunakan adalah analisa isi (content analysis) dan metode pengumpulan datanya adalah metode dokumenter dengan model kajian tematik yang bersumber dari al-Qur’an ditambah dengan hadits-hadits Nabi SAW serta sumber-sumber penunjang lainnya seperti kitab-kitab tafsir dan hadits serta buku-buku ilmiah. Ayat-ayat al-Qur'an yang dikaji adalah ayat-ayat di dalamnya terjadi komunikasi antar pribadi yakni komunikasi antara 2 orang atau lebih. Ayat-ayat tersebut adalah Qur'an surat Yūsuf ayat 4-6; Qur'an surat al-Şāffāt ayat 102; Qur'an surat Hūd ayat 42-46; dan Qur'an surat Maryam ayat 27-33. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsep pendidikan akidah berisi penanaman keimanan. Konsep pendidikan syari'ah berisi pendidikan berkurban, shalat, dan zakat. Konsep pendidikan akhlak berisi perintah berbakti kepada orang tua, amanat, moralitas. Konsep pendidikan tazkiyah berisi kesabaran, tidak dengki dan sombong. Berdasarkan temuan ini, dapat dipahami bahwa konsep pendidikan anak dalam al-Qur'an perspektif manajemen komunikasi pendidikan Islam memiliki sejumlah aturan yang dapat dijadikan sebagai pedoman bagi orang tua untuk mendidik anak agar bertindak dan bersikap sesuai dengan ajaran-ajaran al-Qur’an.