Daftar Isi:
  • Mohk. Hambali, 2015: Peran Kepala Sekolah dalam meningkatkan mutu guru pendidikan agama Islam Di SDN Plalangan 05 Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Kepala Sekolah merupakan salah satu faktor yang dapat mendorong Sekolah untuk dapat mewujudkan visi, misi dan sasaran sekolah melalui programprogram yang dilaksanakan secara terencana dan bertahap. Oleh karena itu, Kepala Sekolah dituntut memiliki kemampuan manajemen dan pemimpin yang baik, agar mampu mengambil keputusan untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah . Kepala Sekolah memiliki peran yang kuat dalam mengkoordinasikan, menggerakkan dan menyerasikan semua sumber daya pendidikan yang tersedia di sekolah. Kepala Sekolah sebagai pimpinan sekolah bertanggung jawab atas kelancaran jalannya sekolah secara teknis akademis segala kegiatan, keadaan lingkungan sekolah dengan kondisi dan situasinya serta hubungan dengan masyarakat sekitarnya. Fokus penelitian ini adalah bagaimana peran Kepala Sekolah dalam meningkatkan mutu guru pendidikan agama Islam di SDN Plalangan 05 Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran Kepala Sekolah dalam meningkatkan mutu guru PAI di SDN Plalangan 05 Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa tulisan maupun lisan dari orang-orang yang diamati, penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, yang dilakukan dengan cara mengambil subyek berdasarkan tujuan tertentu, sedangkan pengumpulan datanya dengan melakukan observasi, interview, dan documenter. Hasil penelitian yang terkumpul kemudian dilakukan sebuah analisis data dengan menggunakan deskriptif kualitatif. Selanjutnya untuk melihat keabsahan/ validitas datanya menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kepala sekolah berperan aktif dalam proses perencanaan pembelajaran yang di buat oleh guru serta memberikan fasilitas kepada guru untuk mempermudah guru dalam proses pembuatan program rencana pembelajaran. Peran kepala sekolah meningkatkan mutu guru PAI dalam pelaksanaan pembelajaran kepala sekolah pro aktif terhadap kegiatan pelaksaan pembelajaran di sekolah sehingga dapat mengetahui segala sesuatu yang terjadi dan mengambil tindakan untuk mengantisipasi proses pelaksanaan pembelajaran yang kurang baik. Peran kepala sekolah meningkatkan mutu guru PAI dalam dalam evaluasi pembelajaran adalah kegiatan kepala sekolah dalam memantau pelaksanaan evaluasi pembelajaran oleh guru serta mengarahkan guru dalam proses pembelajaran tersebut agar menggunakan prosedur penilaian yang benar sesuai dengan apa yang telah dibuat dalam rencana pelaksanaan pembelajaran.