Daftar Isi:
  • Masrurotul Holisoh, 2016: Penerapan Program Ekstrakurikuler Keagamaan di SMP Negeri 1 Jember Tahun 2016/2017. Kegiatan ekstrakurikuler adalah kegiatan pedidikan di luar mata pelajaran dan pelayanan konseling untuk membantu mengembangkan peserta didik sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat dan minat mereka melalui kegiatan yang secara khusus diselenggarakan oleh pendidik dan atau ketenaga pendidikan yang berkemampuan dan berwenang di sekolah. Fokus penelitian yang diangkat dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana penerapan tilawah al-Quran di SMP Negeri 1 Jember Tahun 2016/2017. (2). Bagaimana penerapan pelatihan perorangan dan jamaah di SMP Negeri 1 Jember Tahun 2016/2017. Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mendeskripsikan penerapan tilawah al-Quran di SMP Negeri 1 Jember Tahun 2016/2017. (2). Untuk mendeskripsikan penerapan pelatihan ibadah perorangan dan jamaah di SMP Negeri 1 Jember Tahun 2016/2017. Pendekatan penelitian yang digunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Penentuan subyek penelitian menggunakan purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknikdan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini yaitu: (1). Penerapan tilawah al-Quran melalui program ekstrakurikuler keagamaan di SMP Negeri 1 Jember Tahun 2016/2017 mendapat perhatian yang besar dari para guru khususnya guru pembina kegiatan ekstrakurikuler keagamaan, karena dengan menerapkan tilawah al-Quran akan mampu membiasakan anak membaca al-Quran sesuai dengan kaidah. Perencanaan dalam tilawah al-Quran adalah pembina merencanakan apa saja yang akan dilakukan pada tiap-tiap tatap muka. Agar kegiatan lebih terarah. Pelaksanaannya pembina membuka kegiatan dengan membaca al-Quran bersama dan setelah itu pembina menyimak bacaan siswa dan yang terakhir yaitu penjelasan tajwid. Bentuk evaluasi yang dilakukan yaitu menyimak siswa secara langsung satupersatu, agar pembina mengetahui perkembangan siswa tersebut.(2). Penerapan pelatihan ibadah perorangan dan jamaah melalui program ekstrakurikuler keagamaan di SMP Negeri 1 Jember Tahun 2016/2017. Guru mengajak siswa untuk selalu membiasakan shalat berjama’ah dan memberikan penjelasan seberapa besar pahala untuk shalat berjama’ah itu agar siswa terbiasa dalam sehari-harinya dan hasilnya dapat dilihat ketika shalat dimusholla. Perencanaan dalam kegiatan ibadah perorangan dan jamaah adalah pembina harus memperhatikaan bacaan shalat dan gerakan shalat. Pelaksanaan kegiatan shalat. Siswa praktek bersama dalam kegiatan tersebut. Bentuk evaluasinya yaitu menilai bagaimana bacaan dan gerakan siswa pada kegiatan praktek shalat