Daftar Isi:
  • Istiqomah, 2016: Metode Pembelajaran Guru dalam Pengembangan Bahasa Anak di Raudhatul Atfal Al Muslimun Jomerto Patrang Jember. Paud adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai usia enam tahun. Hal ini dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut di SD. Paud salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitik beratkan pada peletakan kea rah pertumbuhan dan perkembangan fisik dan kecerdasan daya piker, daya cipta, emosional, spiritual, berbahasa/komusikasi, social. Penelitian pada skripsi ini adalah 1). Bagaimana metode pembelajaran bermain guru dalam pengembangan bahasa anak di Raudlatul Atfhal Al Muslimun Jomerto Patrang Jember? 2). Bagaimana metode pembelajaran bernyanyi guru dalam pengembangan bahasa anak di Raudlatul Atfhal Al Muslimun Jomerto Patrang Jember? 3). Bagaimana metode pembelajaran bercerita guru dalam pengembangan bahasa anak di Raudlatul Atfhal Al Muslimun Jomerto Patrang Jember?. Tujuan penelitian pada skripsi ini adalah 1). Untuk mendiskripsikan metode pembelajaran bermain guru dalam pengembangan bahasa anak usia dini di Raudlatul Atfhal Al Muslimun Jomerto Patrang Jember. 2). Untuk mendiskripsikan metode pembelajaran bernyanyi guru dalam pengembangan bahasa anak usia dini di Raudlatul Atfhal Al Muslimun Jomerto Patrang Jember. 3). Untuk mendiskripsikan metode pembelajaran bercerita guru dalam pengembangan bahasa anak usia dini di Raudlatul Atfhal Al Muslimun Jomerto Patrang Jember. Pendekatan penelitian ini mengunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan dalam penentuan informan menggunakan purposive samping. Analisis data model interaktif Miles dan Huberman yang terbagi menjai tiga alur menguji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Dari data yang diperoleh dan di analisis cara sederhana di simpulkan yaitu: 1). Metode pembelajaran bermain guru dalam pengembangan bahasa anak usia dini adalah Dengan metode bermain dalam pengembangan bahasa bisa mengenalkan anak simbol, mengerti dua perintah yang diberikan bersamaan, bisa membedakan bunyi, bisa menyebutkan kata-kata yang dikenal. 2). Metode pembelajaran bernyanyi guru dalam pengembangan bahasa anak usia dini bernyanyi adalah kegiatan menyenangkan yang memberi kepuasan kepada anak- anak, kegiatan bernyanyi yang sesuai akan menambah secara berangsur pemberdaharaan kata anak dan melenturkan anak dalam mengucapkan kata–kata 3). Metode pembelajaran bercerita guru dalam pengembangan bahasa anak usia dini metode bercerita mempunyai beberapa bentuk dalam penyajiannya agar anak tidak bosan dalam mendengarkan cerita dalam pengembangan bahasa anak sudah mampu mengembangkan karena bercerita mampu berkomunikasi dan memahami cerita yang dibaca