Daftar Isi:
  • Imam Muslim, 2015 : Implementasi Metode Inkuiri Pada Mata Pelajaran PAI Kelas IV Di SD Negeri Kencong 03 Semester Genap Tahun Pelajaran 2014/2015. Dalam proses pembelajaran guru harus menggunakn metode agar pembelajaran berjalan dengan baik, salah satu metode itu adalah inkuiri. Implementasi metode inkuiri adalah salah satu alternatif yang digunakan guru dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Metode inkuiri merupakan metode yang dapat membawa anak ke arah berpikir logis, kritis dan terara. Fokus penelitian yang diteliti ini adalah: 1)Bagaimana implementasi metode inkuiri pada mata pelajaran PAI kelas IV di SD Negeri kencong 03 semester genap tahun pelajaran 2014/2015? 2)Bagaimana strategi dari implementasi metode inkuiri pada mata pelajaran PAI kelas IV di SD Negeri kencong 03 semester genap tahun pelajaran 2014/2015? 3)Bagaimana hasil dari implementasi metode inkuiri pada mata pelajaran PAI kelas IV di SD Negeri kencong 03 semester genap tahun pelajaran 2014/2015? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan pelaksananaan, strategi yang digunakan dan hasil dari penerapan metode inkuiri pada mata pelajaran PAI kelas IV semester genap tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penentuan subjek penelitian menggunakan informan: Kepala Sekolah, Guru Pendidikan Agama Islam, Guru kelas dan Peserta didik. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif yang terdiri dari tiga alur kegiatan yang terjadi secara bersamaan yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Dalam keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan teknik triangulasi sumber. Dari hasil penelitian tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa (1)Implementasi metode inkuiri pada mata pelajaran PAI kelas IV sudah dilaksanakan. Sebab proses pembelajaran tidak hanya terpaku oleh ceramah guru namun siswa juga akan terlibat dalam proses pembelajaran. Siswa dituntut untuk lebih aktif dalam pembelajaran dan dilatih untuk dapat memecahkan persoalan dengan berpikir kritis dan menarik suatu kesimpulan dari materi pembelajaran. (2)Strategi Implementasi metode inkuiri pada mata pelajaran PAI kelas IV,. Bahwa strategi dari implementasi inkuiri yang diterapkan memberikan hal yang positif, Strategi pembelajaran inkuiri menekankan kepada proses mencari dan menemukan, sebab materi pelajaran tidak diberikan secara langsung, (3)Hasil dari implementasi metode inkuiri pada mata pelajaran PAI kelas IV, hasil dari implementasi metode inkuiri ini siswa tidak hanya memperoleh pengetahuan dari sekolah saja, namun siswa juga memperoleh pengetahuan dari temuan-temuan seperti di lingkungan sekitar, tempat ngaji, tempat bermain dan media-media yang ada.