Daftar Isi:
  • Herman Junaidi. 2016. Strategi Pembelajaran PAI dengan Metode Outing Class Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SDN Plalangan 01 Kalisat Tahun Pelajaran 2015-2016. Motivasi merupakan konsep yang rumit dan berkaitan dengan konsep- konsep lain seperti minat, konsep diri sikap dan sebagainya. Untuk memperoleh hasil belajar optimal banyak usaha yang dilakukan khususnya oleh guru di sekolah. Salah satu metode pembelajaran yang lebih memberdayakan siswa dan sesuai dengan pembentukan karakter siswa sekolah dasar adalah metode pembelajaran dengan outing class dengan memanfaatkan halaman sekolah, perpustakaan, masjid/mushola ataupun lingkungan sekitar sekolah sebagai lokasi pembelajaran. Metode ini mempunyai beberapa keunggulan, yaitu mendorong siswa untuk belajar lebih aktif dan ikut berperan dalam kegiatan belajar mengajar, menerapkan konsep belajar sambil berekreasi (learning by doing and refreshing), dapat menghilangkan rasa jenuh selama belajar di dalam kelas dan dapat mengembangkan kehidupan demokrasi dalam dunia pendidikan. Fokus penelitian dirumuskan sebagai berikut : 1. Bagaimanakah Strategi Pembelajaran PAI dengan Metode Outing Class untuk Meningkatkan Motivasi Intrinsik Siswa Kelas IV SDN Plalangan 01 Kalisat Tahun Pelajaran 2015/2016 ? dan 2. Bagaimanakah Strategi Pembelajaran PAI dengan Metode Outing Class untuk Meningkatkan Motivasi Ekstrinsik Siswa Kelas IV SDN Plalangan 01 Kalisat Tahun Pelajaran 2015/2016 ? Tujuan penelitian adalah : 1. Untuk mendiskripkan bagaimanakah strategi pembelajaran PAI dengan metode Outing Class untuk meningkatkan motivasi intrinsik siswa kelas IV SDN Plalangan 01 Kalisat Tahun Pelajaran 2015/2016 dan 2. Untuk mendiskripkan bagaimanakah strategi pembelajaran PAI dengan metode Outing Class untuk meningkatkan motivasi ekstrinsik siswa kelas IV SDN Plalangan 01 Kalisat Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan desain kualitatif dengan pendekatan deskriptif, karena itu dikumpulkan melalui observasi partisipan, wawancara dan studi dokumentasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi sumber dan triangulasi metode. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis deskriptif model Miles Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1. strategi pembelajaran PAI dengan metode Outing Class dapat meningkatkan motivasi intrinsik siswa kelas IV SDN Plalangan 01 Kalisat Tahun Pelajaran 2015/2016 dan 2. Strategi pembelajaran PAI dengan metode Outing Class dapat meningkatkan motivasi ekstrinsik siswa kelas IV SDN Plalangan 01 Kalisat Tahun Pelajaran 2015/2016, dilakukan dengan cara : Baca tulis Al-qur’an, Shalat berjamaah, Pekan Ramadhan setiap bulan Ramadhan, Memperingati hari besar Islam, Pembinaan Akhlak dan Praktek dalam meningkatkan ibadah