PENANAMAN NILAI-NILAI RELIGIUS MELALUI METODE PEMBIASAAN DI SMP NEGERI 1 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Daftar Isi:
- Faridatul Hasanah, 2016 “Penanaman Nilai-nilai Religius Melalui Metode Pembiasaan di SMP Negeri 1 Jember Tahun Pelajaran 2016/2017” Nilai religius adalah nilai-nilai kehidupan yang mencerminkan tumbuh kembangnya kehidupan beragama yang terdiri dari tiga unsur pokok yaitu, aqidah, ibadah, dan akhlak yang menjadi pedoman perilaku sesuai dengan aturan-aturan Illahi untuk mencapai kesejahteraan serta kebahagiaan hidup dunia dan akhirat. Untuk itu nilai-nilai religius perlu ditanamkan pada diri siswa. Fokus yang dikaji dalam penelitian ini yaitu, 1) Bagaimana penanaman nilai-nilai ibadah melalui metode pembiasaan di SMP Negeri 1 Jember tahun pelajaran 2016/2017? 2) Bagaimana penanaman nilai-nilai akhlak dan kedisiplinan melalui metode pembiasaan di SMP Negeri 1 Jember tahun pelajaran 2016/2017? 3) Bagaimana penanaman nilai-nilai amanah dan ikhlas melalui metode pembiasaan di SMP Negeri 1 Jember tahun pelajaran 2016/2017?. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan penanaman nilai-nilai Ibadah melalui metode pembiasaan di SMPN 1 Jember tahun pelajaran 2016/2017. 2) Untuk mendeskripsikan penanaman nilai-nilai akhlak dan kedisiplinan melalui metode pembiasaan di SMPN 1 Jember tahun pelajaran 2016/2017. 3) Untuk mendeskripsikan penanaman nilai amanah dan ikhlas melalui melalui metode pembiasaan di SMPN 1 Jember tahun pelajaran 2016/2017. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara bebas terpimpin, observasi non partisipan dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Penanaman nilai ibadah melalui metode pembiasaan di SMP Negeri 1 Jember tahun pelajaran 2016/2017 terdiri dari lima kegiatan yaitu: a) kegiatan sholat dzuhur berjama’ah, b) pembacaan do’a sebelum pembelajaran dimulai, c) pembacaan surat yasin setiap hari Jum’at pagi, d) pembiasan sholat dhuha sebelum kegiatan istigosah dimulai, e) kegiatan pembiasaan istigosah. 2. Penanaman nilai akhlak dan kedisiplinan terdiri dari dua kegiatan yaitu: a) pembiasaan salam pagi, b) kegiatan BTA. 3. Pembiasaan nilai amanah dan ikhlas terealisasi dalam kegiatan infaq setiap hari Jum’at pagi setelah