ctrlnum 155
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.iain-jember.ac.id/155/</relation><title>IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK KEPALA MADRASAH&#xD; DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU &#xD; DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 3 JEMBER&#xD; TAHUN PELAJARAN 2015/2016</title><creator>UMUL KHOIRIYAH, 084 123 033</creator><subject>130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development</subject><description>Umul Khoiriyah, 2016. Implementasi Supervisi Akademik Kepala Madrasah&#xD; dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru di MAN 3 Jember Tahun&#xD; Pelajaran 2015/2016.&#xD; &#xD; Menurut Glickman, Supervisi akademik adalah serangkaian kegiatan&#xD; membantu guru mengembangkan kemampuannya dalam mengelola proses&#xD; pembelajaran demi pencapaian tujuan pembelajaran. Banyaknya frekuensi&#xD; pertemuan yang diadakan antara Kepala Madrasah dengan guru dalam berbagai&#xD; kesempatan, rupanya sangat membantu para guru dalam mengembangkan&#xD; kompetensi pedagogik terutama yang berhubungan dengan kegiatan belajar&#xD; mengajar di kelas. &#xD; Namun dalam proses belajar mengajar di kelas masih terdapat siswa yang&#xD; jenuh dan bosan dengan materi yang diberikan oleh guru. Untuk meningkatkan&#xD; pembelajaran tersebut Kepala Madrasah terus berupaya dalam meningkatkan&#xD; supervisi terhadap guru-guru agar kompetensi pedagogik guru dapat di&#xD; maksimalkan. &#xD; Berdasarkan latar belakang masalah diatas, maka fokus permasalahan yang&#xD; akan diteliti adalah: (1) Bagaimana perencanaan supervisi akademik kepala&#xD; madrasah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di MAN 3 Jember?&#xD; (2) Bagaimana pelaksanaan supervisi akademik kepala madrasah dalam&#xD; meningkatkan kompetensi pedagogik guru di MAN 3 Jember? (3) Bagaimana&#xD; evaluasi supervisi akademik kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi&#xD; pedagogik guru di MAN 3 Jember?. Dengan memilih lokasi penelitian di MAN 3&#xD; Jember. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan,&#xD; pelaksanaan dan evaluasi supervisi akademik kepala madrasah dalam&#xD; meningkatkan kompetensi pedagogik guru di MAN 3 Jember. &#xD; Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang penjabaran hasil&#xD; penelitiannya menggunakan penjelasan ilmiah. Pemilihan sampel menggunakan&#xD; teknik purposive sampling, pengumpulan data menggunakan metode observasi,&#xD; interview dan dokumenter. Data yang diperoleh, dianalisis dengan menggunakan&#xD; teknik analisis data kualitatif deskriftif, kemudian untuk memperoleh keabsahan&#xD; data menggunakan teknik triangulasi sumber. &#xD; Berdasarkan hasil penelitian terhadap Implementasi Supervisi Akademik&#xD; Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru di MAN 3&#xD; Jember Tahun Pelajaran 2015-2016 dapat diperoleh kesimpulan bahwa: Pertama,&#xD; dalam perencanaan kepala madrasah melihat perangkat pembelajaran yang dibuat&#xD; oleh guru, kemudian di tentukan teknik dan waktu yang tepat untuk pelaksanaan&#xD; supervisi. Kedua, Pelaksanaan supervisi akademik ini dilakukan setiap awal&#xD; semester, dengan jadwal yang telah ditentukan. Tetapi terkadang tidak sesuai&#xD; dengan jadwal, tergantung keinginan dan kebutuhan kepala madrasah. Ketiga,&#xD; Evaluasi formatif yang di terapkan kepala madrasah yaitu dengan langsung&#xD; menilai kinerja guru pada saat perkunjungan kelas. Sedangkan evaluasi sumatif&#xD; yang dilakukan dengan menindak lanjuti hasil dari penilaian kunjungan kelas.</description><date>2016</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iain-jember.ac.id/155/1/1%20Cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iain-jember.ac.id/155/2/4%20ABSTRAK%20.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iain-jember.ac.id/155/3/5%20DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iain-jember.ac.id/155/4/6%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iain-jember.ac.id/155/5/7%20BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iain-jember.ac.id/155/6/8%20BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iain-jember.ac.id/155/7/10%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iain-jember.ac.id/155/8/11%20DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><identifier> UMUL KHOIRIYAH, 084 123 033 (2016) IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 3 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, IAIN JEMBER. </identifier><recordID>155</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
Document:ArchiveItem
Document
author UMUL KHOIRIYAH, 084 123 033
title IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 3 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2015/2016
publishDate 2016
topic 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
url http://digilib.iain-jember.ac.id/155/1/1%20Cover.pdf
http://digilib.iain-jember.ac.id/155/2/4%20ABSTRAK%20.pdf
http://digilib.iain-jember.ac.id/155/3/5%20DAFTAR%20ISI.pdf
http://digilib.iain-jember.ac.id/155/4/6%20BAB%20I.pdf
http://digilib.iain-jember.ac.id/155/5/7%20BAB%20II.pdf
http://digilib.iain-jember.ac.id/155/6/8%20BAB%20III.pdf
http://digilib.iain-jember.ac.id/155/7/10%20BAB%20V.pdf
http://digilib.iain-jember.ac.id/155/8/11%20DAFTAR%20ISI.pdf
http://digilib.iain-jember.ac.id/155/
contents Umul Khoiriyah, 2016. Implementasi Supervisi Akademik Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru di MAN 3 Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Menurut Glickman, Supervisi akademik adalah serangkaian kegiatan membantu guru mengembangkan kemampuannya dalam mengelola proses pembelajaran demi pencapaian tujuan pembelajaran. Banyaknya frekuensi pertemuan yang diadakan antara Kepala Madrasah dengan guru dalam berbagai kesempatan, rupanya sangat membantu para guru dalam mengembangkan kompetensi pedagogik terutama yang berhubungan dengan kegiatan belajar mengajar di kelas. Namun dalam proses belajar mengajar di kelas masih terdapat siswa yang jenuh dan bosan dengan materi yang diberikan oleh guru. Untuk meningkatkan pembelajaran tersebut Kepala Madrasah terus berupaya dalam meningkatkan supervisi terhadap guru-guru agar kompetensi pedagogik guru dapat di maksimalkan. Berdasarkan latar belakang masalah diatas, maka fokus permasalahan yang akan diteliti adalah: (1) Bagaimana perencanaan supervisi akademik kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di MAN 3 Jember? (2) Bagaimana pelaksanaan supervisi akademik kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di MAN 3 Jember? (3) Bagaimana evaluasi supervisi akademik kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di MAN 3 Jember?. Dengan memilih lokasi penelitian di MAN 3 Jember. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi supervisi akademik kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di MAN 3 Jember. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang penjabaran hasil penelitiannya menggunakan penjelasan ilmiah. Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling, pengumpulan data menggunakan metode observasi, interview dan dokumenter. Data yang diperoleh, dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif deskriftif, kemudian untuk memperoleh keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian terhadap Implementasi Supervisi Akademik Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru di MAN 3 Jember Tahun Pelajaran 2015-2016 dapat diperoleh kesimpulan bahwa: Pertama, dalam perencanaan kepala madrasah melihat perangkat pembelajaran yang dibuat oleh guru, kemudian di tentukan teknik dan waktu yang tepat untuk pelaksanaan supervisi. Kedua, Pelaksanaan supervisi akademik ini dilakukan setiap awal semester, dengan jadwal yang telah ditentukan. Tetapi terkadang tidak sesuai dengan jadwal, tergantung keinginan dan kebutuhan kepala madrasah. Ketiga, Evaluasi formatif yang di terapkan kepala madrasah yaitu dengan langsung menilai kinerja guru pada saat perkunjungan kelas. Sedangkan evaluasi sumatif yang dilakukan dengan menindak lanjuti hasil dari penilaian kunjungan kelas.
id IOS6271.155
institution Institut Agama Islam Negeri Jember
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 965
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Pusat IAIN Jember
library_id 1936
collection Digital Library IAIN Jember
repository_id 6271
subject_area Islam/Agama Islam
city JEMBER
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6271
first_indexed 2018-10-19T06:25:29Z
last_indexed 2018-10-19T06:25:29Z
recordtype dc
_version_ 1686408307199180800
score 17.538404