Daftar Isi:
  • Silfiyah Aisyatul Maziyah 2016 : Manajemen Hubungan Masyarakat dalam Mengembangkan Sarana dan Prasarana di SMA Islam Al-Hidayah Mangli Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Manajemen hubungan masyarakat sangat berperan penting dalam kelangsungan pendidikan bagi pengelola sekolah, proses hubungan masyarakat dapat memudahkan pihak sekolah dan orangtua wali murid dalam bekerjasama untuk melihat keberhasilan peserta didik dan buah hatinya. Kepala sekolah dalam menjalankan tugas dengan dibantu oleh beberapa tenaga pendidik dan peserta didik dapat memanfaatkan fasilitas sarana dan prasarana yang telah disediakan oleh sekolah. Fokus penelitian skripsi ini yaitu : 1)Bagaimana perencanaan hubungan masyarakat dalam mengembangkan sarana dan prasarana di SMA Islam Al – Hidayah Mangli. 2)Bagaimana pengorganisasian hubungan masyarakat dalam mengembangkan sarana dan prasarana di SMA Islam Al – Hidayah Mangli. 3) Bagaimana pelaksanaan atau penggerakkan hubungan masyarakat dalam mengembangkan sarana dan prasarana di SMA Islam Al – Hidayah Mangli. 4)Bagaimana pengawasan atau evaluasi hubungan masyarakat dalam mengembangkan sarana dan prasarana di SMA Islam Al – Hidayah Mangli. Tujuan penelitian ini adalah untuk : 1)Mendeskripsikan perencanaan hubungan masyarakat dalam mengembangkan sarana dan prasarana di SMA Islam Al – Hidayah Mangli Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. 2) Mendeskripsikan pengorganisasian hubungan masyarakat dalam mengembangkan sarana dan prasarana di SMA Islam Al – Hidayah Mangli Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. 3)Mendeskripsikan pelaksanaan atau penggerakkan hubungan masyarakat dalam mengembangkan sarana dan prasarana di SMA Islam Al – Hidayah Mangli Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015 / 2016. 4) Mendeskripsikan pengawasan atau evaluasi hubungan masyarakat dalam mengembangkan sarana dan prasarana di SMA Islam Al – Hidayah Mangli Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015 / 2016. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif jenisnya observasi lapangan. Pengumpulan data menggunakan metode : observasi, interview dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan langkah : data reduksi, pengumpulan data dan verifikasi/penarikan kesimpulan sedangkan untuk mengecek keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik/metode. Kesimpulan skripsi ini berdasarkan dari temuan bahwa : 1) Perencanaan hubungan dibuat bersama Kepala Sekolah tenaga pendidik dan staf membuat Rencana Jangka Pendek (RKP) setiap 6 bulan, Rencana Jangka Menengah (RKM) setiap 1 tahun dan Rencana Jangka Tahunan (RKT) setiap 5 tahun. 2) Pengorganisasian hubungan masyarakat dalam mengembangkan sarana dan prasarana Kepala Sekolah membagi tugas Koordinator Sarana dan Prasarana untuk menyedikan fasilitas sarana dan prasarana atau kebutuhan yang diperlukan peserta didik. 3) Pelaksanaan atau penggerakkan melakukan pengadaan berupa pembangunan gedung dan bekerja sama dengan para pebisnis. 4) Pengawasan atau evaluasi hubungan masyarakat melibatkan tenaga pendidik dan Komite Sekolah untuk memantau langsung bukti pengembangan sarana dan prasarana baik berupa pengadaan gedung maupun perlengkapan sarana dan prasarana