UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION DI KELAS VII – J SMP NEGERI 3 MEDAN

Main Author: Sinaga, Rismauli
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: LP2M UMN Al Washliyah , 2018
Online Access: http://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/JP2MIPA/article/view/132
http://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/JP2MIPA/article/view/132/124
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan yang muncul di SMP Negeri 3 Medan, yaitu setelahguru melaksanakan pembelajaran IPA pada materi ciri-ciri makhluk hidup, guru mengetahui bahwa hasil belajar masih rendah. Hal ini tercermin dari perolehan tes hasil belajar, yaitu bahwa tidak adasiswa yang mencapai ketuntasan individual. Ini juga menunjukkan bahwa belum tercapai standarketuntasan klasikal karena prosentase ketuntasan adalah sebesar 0%. Dalam proses pembelajarankeaktifan siswalah yang seharusnya ditingkatkan karena proses belajar bukanlah menyampaikanmateri tapi bagaimana siswa dapat memperoleh informasi dengan cara-cara mereka sendiri maupunbimbingan guru. Selain itu dalam pembelajaran, ketertarikan siswa atau respon siswa juga sangatmempengaruhi perolehan hasil belajar. Dengan menyadari berbagai kenyataan diatas maka sebagaiseorang guru professional merasa perlu untuk memperbaiki pembelajaran, yaitu dengan mengadakanpenelitian. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan meningkatkan pembelajaranIPA untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas VII-J SMP Negeri 3 Medan. Penelitian inimerupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus. Berdasarkan analisis datadalam penelitian ini bahwa penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan ketuntasan individualsiswa dan ketuntasan klasikal siswa. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instructionsjuga dapat membuat siswa lebih aktif. Siswa merespon positif terhadap pembelajaran yangmenerapkan Model Pembelajaran Problem Based Instructions. Model Pembelajaran Problem BasedInstructions dapat meningkatkan Hasil Belajar pokok bahasan ciri-ciri makhluk hidup siswa KelasVII-J SMP Negeri 3 Medan, yaitu nilai rata-rata kelas pada saat pre test 42,29; siklus 1: 64,17; siklus2: 83,61. Strategi Belajar Aktif Tipe Problem Based Instructions dapat menciptakan suasanapembelajaran yang efektif, dan siswa aktif bekerja sama, hal ini ditunjukkan pada siklus 1: 47,22;siklus 2: 87,14.