PEMBELAJARAN KITAB TA’LIM MUTA’ALLIM TERHADAP PERILAKU SANTRI

Main Author: H. Kamalludin , Edo Suwandi, Oking Setia Priyatna,
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: LP2M Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah , 2020
Subjects:
Online Access: https://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/JP2SH/article/view/540
https://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/JP2SH/article/view/540/432
Daftar Isi:
  • Ta'lim Al Muta'allim was a well-known work of Shaykh Al-Zarnuji, which contains the full attitude of the disciples ' obedience to the teachers. This work is one of the main pillar of Islamic Boarding School education. Learning activities about the book are expected to improve the behavior of students, especially when studying. Therefore, the author is interested to examine the influence of the study of the Book of Ta'lim Muta'alim on the behavior of students at the Pondok Pesantren Nurul Hidayah Jasinga. This research aims to determine the influence of the study of the Book of Ta'lim Muta'alim on the behavior of students at the Pondok Pesantren Nurul Hidayah Jasinga. This study was conducted using quantitative approaches and correlational methods. The data collection technique used is questionnaire. Then the analysis of the data used is the correlation analysis technique Product Moment. Based on the results of analysis of data conducted, obtained a rcount value of 0.652. In a simple interpretation the figure is in the 0.40-0,70 range which means between the X and Y variables there is a moderate or sufficient correlation. Then by using a significance table of 5% obtained rtable amounting to 0.334 from 33 samples. So it can be concluded that Ho or the null hypothesis is rejected and Ha is accepted due to rcount 0.652 > rtable 0.334. This means that there is a relationship between Ta'lim Muta'alim Learning and students ' behavior in the Pondok Pesantren Nurul Hidayah Jasinga.
  • Ta‘lim Al Muta’allim merupakan karya terkenal Syekh Al-Zarnuji yang berisi tentang sikap kepatuhan dari para murid sepenuhnya kepada para guru. Karya ini merupakan salah satu ti ang peyangga utama pendidikan pesantren. Kegiatan pembelajaran mengenai kitab tersebut diharapkan dapat memperbaiki perilaku santri, khususnya ketika belajar. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk meneliti pengaruh Pembelajaran Kitab Ta’lim Muta’alim terhadap perilaku santri di Pondok Pesantren Nurul Hidayah Jasinga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh Pembelajaran Kitab Ta’lim Muta’alim terhadap perilaku santri di Pondok Pesantren Nurul Hidayah Jasinga. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode korelasional. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Kemudian analisis data yang digunakan adalah teknik analisis korelasi Product Moment. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan, diperoleh nilai rhitung sebesar 0,652. Pada interpretasi sederhana, angka tersebut berada pada rentang 0,40-0,70 yang berarti antara variabel X  dan Y terdapat korelasi yang sedang atau cukup. Kemudian dengan menggunakan tabel signifikansi 5% diperoleh rtabel sebesar 0,334 dari 33 sampel. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa Ho atau hipotesis nol ditolak dan Ha diterima dikarenakan rhitung 0,652 > rtabel 0,334. Artinya terdapat hubungan antara Pembelajaran Kitab Ta’lim Muta’alim dengan perilaku santri di Pondok Pesantren Nurul Hidayah Jasinga.