UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR KONDISI GEOGRAFIS DAN PENDUDUKMATAPELAJARAN IPS MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT)DI KELAS VII-F SMP NEGERI 39 MEDAN

Main Author: Ainun, Inayat
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: LP2M Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah , 2018
Online Access: http://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/JP2SH/article/view/53
http://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/JP2SH/article/view/53/46
Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaranIPS sebagai alternative tindakan yang dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Numbered Heads Together pada mata pelajaran IPS dengan materi pokokkondisi Geografis dan penduduk di Kelas VII-F SMP Negeri 39 Medan Tahun Ajaran 2015/2016.Jenis penelitian ini adalah tindakan kelas (PTK) yang terdiri dan 2 siklus, Setiap siklus terdiri dariempat tahap yaitu perencanaan, pe]aksanaan, pengamatan serta refleksi. Teknik pengumpulan datayang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Tes yang diberikan sebanyak 10 soalberbentuk tes pilihan berganda. Soal yang diberikan 3 kali yaitu tes awal, siklus I dan siklus II.Sedangkan observasi meliputi aktifitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Subjek dalampenelitian ini adalah siswa Kelas VIII-F yang berjumlah 40 orang Tahun Ajaran 2015/2016.Penentuan kelas ini diambil berdasarkan hasil pengamatan terhadap kelas yang akan diteliti danpeneliti melihat rendahnya hasil belajar IPS siswa khususnya pada pokok bahasan kondisi Geografisdan penduduk, penyajian materi masih berfokus pada metode ceramah, kurangnya variasi metodemaupun model pembelajaran yang digunakan guru, sarana pendukung dalam pelaksanaan kegiatanpembelajaran IPS di sekolah masih kurang, siwa belum terlibat aktif dalam proses pembelajaran,siswa kurang bersemangat dalam mengikuti pelajaran IPS, serta pembelajaran tidak memberikankesan yang bermakna bagi siswa. Hasil penelitian menunjukan pada saat pre tes sebelum dilakukantindakan diperoleh dan 40 orang siswa, 0 siswa (0%) yang memenuhi ketuntasan belajar dan 40 siswa(100%) tidak memenuhi ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 61,25.selanjutnyapada siklus Idiperoleh nilai rata-ratakelas meningkatkan sebanyak 72,25, dengan tingkat belajar siswa dari 40orang siswa sebanyak 17 siswa (42,50%) yang memenuhi ketuntasan belajar dan 23 siswa (57,50%)tidak memenuhi ketuntasan belajar. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata kelas meningkat menjadi84,50 dengan tingkat belajar siswa dari 40 orang siswa sebanyak 38 siswa (95%) yang memenuhiketuntasan belajar dan 2 siswa (5%) tidak tuntas. Jadi dapat dikatakan pada siklus II ketuntasanbelajar meningkat sebesar 85 (dari 57,5 naik menjadi 95). Dengan demikian dapat disimpulkanbahwa penggunaan model pembelajaran Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajarsiswa pada pokok bahasa kondisi Geografis dan penduduk di Kelas VIII-F SMP Negeri 39 MedanTahun Ajaran 2015/2016.