EFEKTIFIVAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY UNTUK MENDUKUNG KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL KELAS VIII DI MTs ASY-SYAAFI’IYAH
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifivas model pembelajaran kooperatif tipe course review horay untuk mendukung kemampuan komunikasi matematis pada materi sistem persamaan linier dua variable siswa kelas VIII di MTs Asy Syaafi’iyah yang dilihat dari ketuntasan hasil tes kemampuan komunikasi matematis, aktivitas guru dalam proses pembelajaran dan respon siswa terhadap model pembelajaran. Ketuntasan hasil tes kemampuan komunikasi matematis secara tertulis adalah efektif karena hasil tes kemampuan komunikasi matematis siswa memperoleh kategori Tinggi yaitu dengan hasil yang diperoleh adalah 79%. Hasil analisis data observasi aktivitas guru dalam proses pembelajaran dikatakan efektif karena setiap aspek yang dinilai berada pada kategori Sangat Baik dengan perolehan hasil adalah 0,92. respon siswa terhadap model pembelajaran dapat dikatakan efektif karena memperoleh hasil 94% yang berarti hasil tersebut kurang dari sama dengan 100 dan lebih dari sama dengan 76. Untuk kriteria respon siswa nilai yang diperoleh dalam kriteria positif. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel dari penelitian ini adalah kelas VIII MTs Asy-Syaafi’iyah Ngoro, kabupaten mojokerto tahun ajaran 2019/2020 sebanyak 34 siswa.