PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK SISWA KELAS VII SMPN 1 MOJOANYAR PADA POKOK BAHASAN ARITMATIKA SOSIAL
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, untuk mengetahui aktifitas siswa dengan penerapan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, dan mengetahui hasil belajar siswa dari pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Manfaat dari penelitian ini adalah bagi guru meningkatkan kinerja guru dalam perbaikan kualitas pembelajaran dan menerapkan model pembelajaran. Peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Mojoanyar dan peneliti sebagai observer dalam melaksanakan pembelajaran. Instrument yang perlu digunakan adalah lembar observasi pengelolaan pembelajaran, lembar observasi aktivitas siswa, lembar tes hasil belajar siswa, dan LKS. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, dapat disimpulkan bahwa kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran kooperatif tipe jigsaw memperoleh skor 75% pada pertemuan pertama dan 83,9% pada pertemuan kedua, berdasarkan rata-rata pertemuan pertama dan kedua diperoleh skor 79,5% dapat dikategorikan cukup. Aktifitas siswa selama proses pembelajaran kooperatif tipe jigsawadalah pada peretemuan pertama 92% dan pada pertemuan kedua 95%, berdasarkan rata-rata pertemuan pertama dan kedua diperoleh skor 93,5% dapat dikategorikan berhasil. Hasil belajar siswa dari 32 siswa terdapat 26 siswa yang tuntas dan 6 siswa tidak tuntas. Sedangkan ketuntasan belajar siswa secara klasikal adalah 87,5% dan dikategorikan tuntas.