Daftar Isi:
  • Kedisiplinan merupakan sikap dan pemikiran peserta didik terhadap diri sendiri untuk menentukan pengembangan diri dan tingkah lakunya dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan kejujuran adalah melatih kemampuan diri untuk kedisiplinan yang berartu taat pada peraturan. Oleh karenanya kedisiplinan belajar dan kejujuran adalah suatu hal yang selayaknya dimiliki oleh peserta didik. Sehingga kedisipinan belajar dan kejujuran akademik memiliki peran penting dalam proses belajar mengajar yang dapat menghasilkan baik prestasi maupun kejujuran dalam belajar yang diharapkan dalam kejujuran itu sendiri merupakan salah satu tolak ukur bagi penentu keberhasilan. Berdasarkan latar belakang tersebut penulis melakukan penelitian dengan tujuan untuk : 1) Untuk mengetahui kedisiplinan peserta didik, 2) Untuk mengetahui kejujuran akademik peserta didik, 3) Untuk mengetahui hubungan kedisiplinan belajar terhadap kejujuran akademik. Jenis penelitian ini menggunakan desain kuantitatif dengan analisis koresional. Penelitian yang dilakukan peneliti untuk mengetahui tingkat hubungan antara dua variabel atau lebih tanpa melakukan perubahan, tambahan atau manipulasi terhadap data yang memang sudah ada. Hasil penelitian ini ditemukan terdapat hubungan yang signifikan atau positif antara kedisiplinan belajar terhadap kejujuran akademik peserta didik dengan nilai sig 0,023 taraf signifikan 0,05, sehingga 0,023 > 0,05 yang berarti Ho ditolak (Ha diterima). Hasil dari korelasi sebesar 0,371 berada diantara 0,200-0,400 sehingga termasuk kriteria lemah. Jadi korelasi antara Kedisiplinan Belajar Terhadap Kejujuran Akademik Peserta Didik terdapat korelasi yang lemah. Kata Kunci : Kedisiplinan Belajar, Kejujuran Akademik