PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP MORAL KEPEMIMPINAN SISWA DI MTs NEGERI 3 MOJOKERTO
Daftar Isi:
- Abstract Berdasarkan latar belakang tersebut penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan tujuan untuk: 1). Mengetahui hubungan kecerdasan emosional dengan moral kepemimpinan siswa,2). Mengetahui hubungan kecerdasan spiritual dengan moral kepemimpinan siswa,3). Mengetahui hubungan kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual dengan moral kepemimpinan siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan pendekatan korelasional. Metode pengumpulan data menggunakan, angket, observasi dan dokumentasi. Analisis data yaitu uji normalitas, linieritas, multikolinieritas, heteroskedastisitas, uji korelasi sederhana dan uji regresi ganda.Hasil penelitian ini adalah terdapat hubungan antara kecerdasan emosional dengan kecerdasan spiritual dengan sig 0,000 dan r hitung sebesar 0,604, berada di interval 0,61-0,80 yang artinya korelasi tinggi. Sedangkan untuk hubungan kecerdasan spiritual dengan moral kepemimpinan adalah sig 0,000 dan r hitung 0,677 berada di interval 0,61-0,80 yang artinya korelasi tinggi. Berdasarkan tabel output SPSS “Model Summary” diketahui nilai koefisien determinasi atau R Square adalah sebesar 0.493 atau sama dengan 49.3%. angka tersebut mengandung arti bahwa variabel kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual secara simultan (bersama-sama) berpengaruh terhadap variabel moral kepemimpinan siswa sebesar 49.3%, sedangkan sisanya dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti