Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keyakinan (Belief) siswa SMA dalam memecahkan masalah logaritma ditinjau dari kemampuan matematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di kelas X IPA 5 SMAN 1 PURI. Dalam penelitian ini menggunakan triangulasi waktu. Subjek penelitian terdiri dari 3 siswa yang memiliki perbedaan kemampuan matematika yaitu tinggi, sedang dan rendah dengan memerhatikan kemampuan komunikasi. Instrumen penelitian terdiri dari Tes Kemampuan Matematika, Tes Keyakinan (Belief) dan pedoman wawancara. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil sebagai berikut: subjek tinggi mengategorikan permasalahan yang diberikan sebagai permasalahan yang cukup sulit, subjek yakin dengan perencanaan masalah yang dipilih, kemudian subjek menggunakan dua konsep yaitu logaritma dan eksponensial dalam proses pemecahan masalahnya, subjek juga meyakini kebenaran jawaban yang diperoleh, terbukti proses pemecahan masalah menunjukkan bahwa pekerjaan subjek sudah tepat. Subjek sedang mengategorikan permasalahan yang diberikan sebagai permasalahan yang sedang, subjek cukup yakin dengan perencanaan masalah yang dipilih tapi pada proses penyelesaiannya masih ragu-ragu, kemudian subjek menggunakan dua konsep yaitu persamaan logaritma dan persamaan eksponensial dalam proses pemecahan masalahnya, subjek juga cukup yakin pada kebenaran jawaban yang diperoleh, padahal proses pemecahan masalah menunjukkan bahwa pekerjaan subjek sudah tepat. Subjek rendah mengategorikan permasalahan yang diberikan sebagai permasalahan yang sulit, subjek cukup yakin dengan perencanaan masalah yang dipilih tapi pada proses penyelesaiannya masih bingung, kemudian subjek menggunakan dua konsep yaitu logaritma dan eksponensial dalam proses pemecahan masalahnya, subjek juga kurang yakin pada kebenaran jawaban yang diperoleh, terbukti proses pemecahan masalah menunjukkan bahwa pekerjaan subjek Kurang tepat.