Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Means-Ends Analysis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 2 Mojosari. Pengambilan sampel dengan tehnik simple random sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA diberi perlakuan dengan model pembelajaran Means-Ends Analysis dan kelas VIIIB diberi perlakuan dengan model konvensional. Mengukur kemampuan pemecahan masalah matematika menggunakan tes berbentuk uraian yang sudah divalidasi ahli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Means-Ends Analysis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Hal ini ditunjukkan dari nilai uji t yaitu t_hitung > t_tabel, 4,71 > 1,67. Rata-rata hasil kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas eksperimen yaitu sebesar 67,96 sedangkan pada kelas kontrol rata-rata hasil kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yaitu sebesar 52,6. Terlihat bahwa rata-rata hasil kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata hasil kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas kontrol dengan perbedaan rata-rata 15,36. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan dengan menggunakan model pembelajaran Means-Ends Analysis dikategorikan baik.