KAJIAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA BERDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA
Main Authors: | Adika, Aula, Fima 51606150004, Rahayuningsih, Suesthi, 0706097704, Wiyono, Hari Joko, 0704117505 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unim.ac.id/1858/1/Abstrak.pdf http://repository.unim.ac.id/1858/2/BAB%20I.pdf http://repository.unim.ac.id/1858/3/BAB%20II.pdf http://repository.unim.ac.id/1858/4/BAB%20III.pdf http://repository.unim.ac.id/1858/5/BAB%20IV.pdf http://repository.unim.ac.id/1858/6/BAB%20V.pdf http://repository.unim.ac.id/1858/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.unim.ac.id/1858/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa SMP dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan kemampuan matematika. Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi kepustakaan (library research). Data dalam penelitian ini merupakan data sekunder yang berupa hasil-hasil penelitian seperti buku-buku ilmiah, jurnal ilmiah, skripsi, prosiding, dan sumber lain yang relevan. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi tiga tahapan yaitu organize, synthesize, dan identify. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil sebagai berikut: Kemampuan berpikir kritis subjek dengan kemampuan matematika tinggi dalam menyelesaikan soal cerita melakukan interpretation, analysis, evaluation, inference, explanation, self-regulation. Kemampuan berpikir kritis subjek dengan kemampuan matematika sedang dalam menyelesaikan soal cerita melakukan interpretation, analysis, evaluation, inference. Dan kemampuan berpikir kritis subjek dengan kemampuan matematika rendah dalam menyelesaikan soal cerita melakukan interpretation, analysis.