Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa SMP berdasarkan kategori Adversity Quotient (AQ) climber dalam menyelesaikan soal matematika, mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa SMP berdasarkan kategori Adversity Quotient (AQ) camper dalam menyelesaikan soal matematika,mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa SMP berdasarkan kategori Adversity Quotient (AQ) quitter dalam menyelesaikan soal matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) dengan menggunakan sumber-sumber sekunder berupa skripsi dan jurnal ilmiah. Data-data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan menggunakan 3 tahap penelitian yakni organize, synthesize dan identify. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil sebagai berikut : Siswa yang memiliki kategori AQ climber dalam menyelesaikan soal matematika menunjukkan minimal dua cara penyelesaian yang berbeda, menyelesaikan masalah dengan macam-macam metode penyelesaian, menjawab soal dengan beberapa metode penyelesaian dengan benar dan lancar. Dapat menjawab soal dengan ide b aru yang dimilikinya. Dalam hal ini siswa dengan kategori AQ climber menyelesaikan soal berdasarkan indikator kemampuan berpikir kreatif kefasihan (fluency), keluwesan (flexibility) dan kebaruan (novelty). Siswa yang memiliki kategori AQ camper dalam menyelesaikan soal matematika dapat menyelesaikan dengan lancar, menyelesaikan soal dengan fasih tanpa mengalami kesulitan, dan menyelesaikan soal dengan jawaban yang benar. Dalam hal ini siswa dengan kategori AQ camper menyelesaikan soal berdasarkan indikator kemampuan berpikir kreatif kefasihan (fluency). Siswa yang memiliki kategori AQ quitter dalam menyelesaikan soal belum dapat menyelesaikan soal dengan benar, belum dapat menghasilkan jwaban dengan bermacam-macam cara, dan belum dapat menghasilkan ide baru dalam menyelesaikan soal. Dapat disimpulkan bahwa siswa quitter dalam menyelesaikan soal belum berdasarkan indikator kemampuan berpikir kreatif