Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman konsep siswa dalam menyelesaikan soal matematika. Jenis penelitian ini ialah penelitian kepustakaan (library research) dengan menggunakan analisis isi (content analysis) dalam menganalisis data, peneliti menggunakan tiga tahapan yakni organize, synthesis, dan identify. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa subjek kemampuan matematika tinggi dikatakan sudah melaksanakan indikator pemahamam konsep yakni menyatakan ulang konsep, mengklasifikasi objek menurut sifat-sifat tertentu sesuai dengan konsep, memberi contoh dan bukan contoh dari suatu konsep, dan menyajikan konsep dalam berbagai untuk representasi matematika, begitupula pada subjek kemampuan matematika sedang, sudah melaksanakan indikator pemahaman konsep yakni, menyatakan ulang konsep, mengklasifikasi objek menurut sifat-sifat tertentu sesuai dengan konsep, memberi contoh dan bukan contoh dari suatu konsep, dan menyajikan konsep dalam berbagai untuk representasi matematika, sedang subjek kemampuan matematika rendah cukup dalam melaksanakan indikator pemahaman konsep yakni menyatakan ulang konsep, dan mengklasifikasi objek-objek berdasarkan dipenuhi atau tidaknya persyaratan yang membentuk konsep tersebut.