Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Ditinjau Dari Segi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas X SMK PGRI SOOKO Pada Materi Pertidaksamaan Nilai Mutlak, Rasional, dan Irrasional Satu Variabel.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif menggunakan rancangan penelitian one-shot case study yang dilaksanakan di kelas X MM SMK PGRI SOOKO dengan variabel yang digunakan adalah variabel bebas (X) model Group Investigation dan variabel terikat (Y) kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X dan sampel kelas X MM. Pengumpulan data pada penelitian ini dengan soal tes pemecahan masalah sebanyak 4 butir, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, dan hasil angket respon siswa. Hasil analisis kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran memperoleh nilai rata-rata 3,93 dari ke 15 aspek yang diamati dan berada pada kategori sangat baik. Tes dinyatakan tuntas karena terdapat ≥ 75% siswa yaitu sebesar 85,2% siswa yang tuntas secara klasikal. Dan diperoleh persentase angket respon siswa sebesar 78,1% yang termasuk dalam rentang 70 ≤ Rs < 85 dengan kategori setuju. Sehingga model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation efektif digunakan dalam pembelajaran matematika.