PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY, PROFITABILITAS, LEVERAGE, CAPITAL INTENSITY, INVENTORY INTENSITY TERHADAP AGRESIVITAS PAJAK (Studi pada Perusahaan Industri Dasar dan Kimia yang Terdaftar di BEI Periode Tahun 2015-2017)
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengungkapan corporate social responsibility (CSR), profitabilitas, leverage, capital intensity, inventory intensity terhadap agresivitas pajak. Variabel independen dalam penelitian ini adalah corporate social responsibility (CSR), profitabilitas, leverage, capital intensity, inventory intensity, sedangkan variabel dependennya adalah agresivitas pajak yang diproksikan dengan effective tax rate (ETR). Objek penelitian ini adalah perusahaan industri dasar dan kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2017, penelitian ini menggunakan 33 sampel penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah purposive sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji koefisien determinasi, uji F dan uji T. Hasil analisis menunjukkan bahwa secara parsial inventory intensity berpengaruh positif terhadap agresivitas pajak, sedangkan pengungkapan CSR, profitabilitas, leverage dan capital intensity tidak berpengaruh terhadap agresivitas pajak