Daftar Isi:
  • Penelitian ini secara teknis, bertujuan untuk, 1) Mendeskripsikan pembiasaan kegiatan keagamaan siswa di SMP Islam Brawijaya Mojokerto. 2) Mendeskripsikan perilaku agresif siswa di SMP Islam Brawijaya Mojokerto. 3) Mendeskripsikan pengaruh pembiasaan kegiatan keagamaan terhadap perilaku agresif siswa di SMP Islam Brawijaya Mojokerto. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, dengan menggunakan analisis regresi. Metode pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan skala linkert dengan mekanisme ceklist. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Uji validitas menggunakan korelasi product moment sedang uji realibilitas berpegang pada cronbach alpha. Setelah dilakukan analisis mendalam, hasil penelitian dapat disimpulkan : 1) Pembiasaan kegiatan keagamaan di SMP Islam Brawijaya termasuk dalam kategori sangat tinggi. Hal ini terlihat pada hasil angket yang menunjukkan nilai rata-rata dari variabel X adalah 50,9. Yang berarti tinggi karena terletak antara 41-50. Sedangkan jika dibuktikan dengan presentasi tiap-tiap item pertanyaan dapat ditemukan bahwa presentasi alternative jawaban (1), sebesar dari variabel X 51,4%. Yang berarti cukup baik karena terletak antara 51%-75%. Dapat diketahui bahwa kesadaran dan keaktifan siswa dalam mengikuti pembiasaan kegiatan keagamaan sangatlah tinggi. 2) Perilaku agresif siswa di SMP Islam Brawijaya berada di nilai rata-rata sekor dari variabel Y 53,8. Yang berarti sangat tinggi karena terletak antara 51-60. Sedangkan jika dibuktikan dengan presentasi tiap-tiap item pertanyaan dapat ditemukan bahwa presentasi alternative jawaban (1), sebesar dari variabel Y adalah 69,3%. Yang berarti cukup baik karena terletak antara 51%-75%. Dapat diketahui bahwa control perilaku agresif siswa sangatlah tinggi. 3) Pengaruh pembiasaan kegiatan keagamaan terhadap perilaku agresif siswa, diperoleh hasil bahwa ada pengaruh positif antara pembiasaan kegiatan keagamaan terhadap perilaku agresif siswa dengan nilai t=16.464 yang artinya t-hitung > t-tabel yakni 16.464 > 1.663 dan nilai signifikan 0,000 yang berarti p<0,05 yang artinya sig 0,000 < 0,05. Jadi Ho ditolak dan Ha diterima.