Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) untuk membelajarkan materi bangun ruang jarak titik ke garis berbantu dengan Software Cabri 3D guna mendukung kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA MA Al-Musthofa Canggu-Jetis Mojokerto. Dalam penelitian ini terdapat empat jenis instrument yang digunakan yaitu lembar validasi, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar soal tes dan lembar angket respon siswa. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan prosedur penelitian pengembangan ADDIE menurut Purwanto (2004) yang terdiri dari lima tahapan, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluations. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA MA Al-Musthofa Canggu-Jetis. Hasil pengembangan dari penelitian ini adalah berupa LKS dengan pendekatan RME untuk mendukung pemahaman konsep matematis siswa yang berbantu Software Cabri 3D yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Lembar Kerja Siswa (LKS) yang dikembangkan dikatakan valid, apabila rata-rata validator menilai valid atau sangat valid menurut aspek-aspek yang telah ditentukan. Lembar Kerja Siswa (LKS) dikatakan praktis jika hasil pengamatan keterlaksanaan pembelajaran di kelas menunjukkan kategori baik atau sangat baik. Dan Lembar Kerja Siswa (LKS) yang dikembangkan dikatakan praktis jika validator yang menyatakan bahwa LKS dapat digunakan di lapangan dengan revisi kecil atau tanpa revisi. Sedangakn Lembar Kerja Siswa (LKS) yang dikembangkan dinyatakan efektif, dengan kriteria keefektifan berdasarkan ketuntasan indikator pembelajaran setelah melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan LKS, apabila memperoleh presentase ketuntasan secara keseluruhan dengan kriteria ketuntasan baik atau sangat baik dan angket respon siswa bernilai positif.