Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mendeskripsikan pengelolaan pembelajaran berbasis software iMindMap, (2) mendeskripsikan aktivitas siswa dalam berbasis software iMindMap dan (3) mengetahui hasil belajar siswa kelas XI-Mipa di SMA Bina Bangsa Surabaya setelah mengikuti pembelajaran berbasis software iMindMap pada materi Sistem Pertidaksamaan Linear dua Variabel. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah 14 siswa kelas XI-Mipa di SMA Bina Bangsa. Instrumen dalam penelitian ini anatara lain : lembar observasi pengelolaan pembelajaran, lembar observasi aktivitas siswa dan lembar validasi soal tes hasil belajar. Hasil penelitian ini adalah (1) keterlaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru tergolong baik, Pada kriteria pengelolaan pembelajaran skor rata-rata sebesar 2,5. (2) aktivitas siswa pada pembelajaran tergolong aktif, pada kriteria keaktifan skor rata-rata sebesar 94%. (3) hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran berbasis software iMindMap telah memenuhi standar ketuntasan yang telah ditetapkan oleh pihak sekolah sebesar 75%. Hasil belajar siswa yang mencapai nilai KKM (tuntas) sebesar 83%. Kata Kunci: Software iMindMap, Sistem Pertidaksamaan Linear Dua Variabel, Pengelolaan Pembelajaran, Aktivitas Siswa, Hasil Belajar.