ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA DALAM MENULIS KARANGAN ARGUMENTASI PADA SISWA KELAS X-IPA 1 SERTA RELEVANSINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MAN KOTA MOJOKERTO
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan berbahasa yang berupa konstruksi sintaksi, untuk mendeskripsikan kesalahan berbahasa yang berupa konjungsi dan untuk mendeskripsikan relevansi kesalahan berbahasa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas X-IPA 1 di MAN Kota Mojokerto. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang dilaksanakan di MAN Kota Mojokerto. Subyek penelitian terdiri dari siswa kelas X-IPA 1, dengan jumlah 39 siswa, namun hanya 20 siswa yang menjadi subyek analisis karangan argumentasinya. Instrument penelitian terdiri dari pedoman wawancara dan observasi, sedangkan teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik dokumentasi, baca, catat, dan studi pustaka yang dilakukan dengan mencari, mengumpulkan, mempelajari, dan membaca tentang buku-buku, artikel, atau laporan yang berhubungan dengan objek penelitian, adapun prosesnya adalah peneliti menggunakan dokumen karangan siswa ketika mengumpulkan data untuk diseleksi sesuai dengan kategorisasinya dan berdasarkan analisis isi, kemudian data tersebut disajikan dengan deskripsi.