PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) TERHADAP KINERJA GURU (STUDI PADA GURU MA MIFTAHUL QULUB TAWAR)
Main Authors: | Devi, Ayuni Putri Kusuma 51502030026, Utami, Budi 0719097101, Kasnowo, 0713038505 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unim.ac.id/1464/1/ABSTRAK.pdf http://repository.unim.ac.id/1464/2/BAB%20I.pdf http://repository.unim.ac.id/1464/3/BAB%20II.pdf http://repository.unim.ac.id/1464/4/BAB%20III.pdf http://repository.unim.ac.id/1464/5/BAB%20IV.pdf http://repository.unim.ac.id/1464/6/BAB%20V.pdf http://repository.unim.ac.id/1464/7/Lampiran.pdf http://repository.unim.ac.id/1464/ |
Daftar Isi:
- Lembaga pendidikan merupakan lembaga yang penting untuk mendidik anak agar mereka bisa mengenyam pendidikan secara formal maupun non formal. MA Miftahul Qulub berbeda dengan MA lainnya karena MA ini merupakan gabungan dari pondok pesantren. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara variabel yang diteliti, yaitu: Apakah gaya kepemimpinan transformasional berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru, apakah organizational citizenship behavior berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru dan apakah gaya kepemimpinan transformasional dan organizational citizenship behavior berpengaruh signifikan secara bersama-sama terhadap kinerja guru. Jenis penelitian ini yaitu menggunakan desain penelitian asosiatif kausal dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian berjumlah 31 orang dan sampel penelitian berjumlah 30 orang guru+1 kepala sekolah, teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Analisis penelitian menggunakan analisis regresi linier berganda. Alat analisis yang digunakan yaitu spss 23. Hasil penelitian: gaya kepemimpinan transformasional berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru karena nilai t hitung 2,077>t tabel 1,695 serta nilai signifikan 0,047<0,05, organizational citizenship behavior berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru karena nilai t hitung 3,111>t tabel 1,695, nilai signifikan 0,004<0,05 dan gaya kepemimpinan transformasional dan organizational citizenship behavior berpengaruh signifikan secara bersama-sama terhadap kinerja guru karena nilai F hitung 13,976>F tabel 3,30 serta nilai signifikan 0,000<0,05. Persamaan regresi penelitian ini adalah Y = 1,048+0,291X1+0,474X2+e.