Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil berpikir reflektif siswa SMP dalam memecahkan masalah matematematika berdasarkan perbedaan gender. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang dilaksanakan di kelas VIII SMP Negeri 2 Kutorejo. subjek penelitian terdiri dari satu siswa laki-laki dan satu siswa perempuan. Instrumen penelitian terdiri dari Tes Pemecahan Masalah (TPM) dan pedoman wawancara Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil sebagai berikut: Subjek laki-laki melakukan tahapan curiosity, suggestion, dan orderliness dalam memecahkan masalah matematika. Namun pada tahap orderliness indikator hati-hati dalam mendeteksi kesalahan pada penentuan metode penyelesaian subjek laki-laki hanya sebatas meyakini satu metode penyelesaian yang dapat digunakan untuk menyelesaiakan permasalahan tersebut. Sedangkan subjek perempuan melakukan semua tahapan berpikir reflektif dengan baik dari tahapan curiosity, suggestion, dan orderliness dalam memecahkan masalah matematika. Pada tahap orderliness indikator hati-hati dalam mendeteksi kesalahan pada penentuan metode penyelesaian, subjek perempuan dapat mendeteksi kesalahan tersebut sehingga dapat menentukan metode yang tepat untuk memecahkan suatu masalah.