DESKRIPSI DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH KONTEKSTUAL DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF FIELD DEPENDENT DAN FIELD INDEPENDENT
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan disposisi matematis siswa SMA dalam menyelesaikan masalah kontekstual ditinjau dari gaya kognitif field dependent dan field independent. Penelitian merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang dilaksanakan di kelas XI MIA 2 SMA Negeri 1 Pacet Mojokerto. Subjek penelitian terdiri dari satu siswa gaya kognitif field dependent(SD) dan satu siswa gaya kognitif field independent(SI). Instrumen penelitian yaitu Tes Group Embedded Figures Test (GEFT), Tes Masalah Kontekstual (TMK) dan pedoman wawancara. Hasil analisis sebagai berikut: subjek SD mempertahankan gagasan karena mempertahankan pemahamannya sendirisebab sesuai dengan penjelasan guru, tidak mudah terpengaruh orang lain apabila paham, memahami masalah dengan membaca soal sebanyak 4 kali dan menggaris bawahi soal, bersungguh-sungguh karena memeriksa jawabannya kembali dengan melakukan perhitungan beberapa kali berupa perkalian, pembagian dan pengurangan, menghargai jawaban yang berbeda karena setiap orang memilki pendapat berbeda. Sedangkan, subjek SI mempertahankan gagasan karena mempertahankan pemahamannya sendiri sebab sesuai dengan buku dan penjelasan guru,tidak mudah terpengaruh oleh orang lain karena memahami materi di buku dan penjelasan dari guru, memahami masalah dengan membaca soal secara berulang-ulang sebanyak 3 kali, bersungguh-sungguh karena memeriksa jawabannya kembali dengan memahami alur dan perhitungan kembali, menghargai jawaban yang berbeda karena setiap orang memilki pemahaman berbeda. Kata Kunci : Disposisi Matematis, Masalah Kontekstual, Gaya Kognitif