Daftar Isi:
  • Pada zaman sekarang ini banyak kepedulian siswa terhadap sekitarnya itu kurang, dan sebagai generasi yang sedang mengalami masa-masa atau proses belajar dituntut untuk memiliki rasa kepedulian terhadap sesama, bertanggung jawab berperilaku yang sesuai dengan norma yang ada di masyarakat dan dapat memberikan contoh yang baik terhadap lingkungannya tersebut. Namun dengan berjalannya waktu terkadang kepedulian tersebut bisa menurun, dan salah satunya adalah perilaku sosial, dengan adanya empati ini diharapkan siswa mampu memunculkan perilaku sosial yang baik dalam dirinya.Tujuan penelitian ini adalah : 1). Mengetahui hubungan empati siswa, 2). Mengatahui hubungan Perilaku Sosial siswa, dan 3). Mengetahui hubungan antara empati dengan perilaku sosial siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional yang menggunakan penelitian kuantitatif. Penelitian korelasional adalah penelitian yang dilakukan peneliti untuk mengetahui tingkat hubungan antara dua variabel atau lebih tanpa melakukan perubahan, tambahan ataupun manipulasi terhadap data yang memang sudah ada.Hasil penelitian ini ditemukan terdapat hubungan yang signifikan atau positif antara Empati dengan Perilaku Sosial dengan nilai sig 0,043 taraf signifikan 0,05, sehingga 0,043 > 0,05 yang berarti Ho ditolak (Ha diterima). Hasil dari korelasi sebesar 0,473 berada di antara 0,400 – 0,600 sehingga termasuk kriteria cukup. Jadi korelasi antara Empati dengan Perilaku Sosial terdapat korelasi yang Cukup.