Daftar Isi:
  • Elok Rokhmatin, Janah. 2019. Hubungan Kedisiplinan Belajar dan Pemahaman Matri Shalat dengan Pengamalan Sholat Siswa SMPN 2 TARIK, SKRIPSI, Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Majapahit (UNIM). Pembimbing 1 : Ainul Yaqin, S.Ag., M.Pd.I Pembimbing 2 : Muhammad Ali Rohmad, M.Pd.I Terwujudnya kehidupan masyarakat yang damai, tenang dan tentram sangat tergantung pada akhlak masyarakat itu sendri. Akhlak dapat tumbuh berkembang sesuai dengan pendidikan. Khususnya dalam pendidikan Agama islam. Nilai agama akan membentuk daya tahan tersendriri untuk menghadapi berbagai ancaman dan juga bentuk tingkah laku yang sesuai dengan norma-norma agama. Selai dari Pendidikan Agama Islam juga dapat dari faktor kedisiplinan belajar karena dapat juga membentuk karakter seseorang menjadi disiplin dalam tepat waktu untuk menjalankan suatu ajaran agama dalam hal beribadah Shalat. Sehinga dapat dipahami bahwa Kedisiplinan belajar dan Pemahaman Pendidikan Agama Islam sangat pempengaruhi dalam pengamlan Ibadah trutama ibadah Shalat siswa. Tujuan penelitian ini adalah : 1. Untuk menganalisis hubungan kedisiplinan belajar dengan pengamalan sholat siswa 2. Untuk menganalisis hubungan Pemahaman Agama Islam dengan pengamalan shalat siswa dan 3. Untuk menganalisis hubungan Kedisiplinan dan Pemahaman Pendidikan Agama Islam dengan pengamalan shalat siswa Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif, dengan pendekatan korelasi. Korelasinya termasuk korelasi ganda (multiple correlation) yang berarti angka yang menunjukkan arah dan kuatnya hubungan antara dua variabel independen secara bersama-sama atau lebih dengan satu variabel dependen Hasil penelitian ini adalah Ada pun diperoleh dari hasil sig analisis uji regresi ganda untuk mengetahui hubungan Kedisiplinan Belajar dan Pemahaman Pendidikan Agama Islam dengan Pengamalan Shalat siswa adalah sebesar 0,282, maka dari itu Ha diterima dan menolak Ho (R tidak sama dengan 0 ) artinya ada hubungan antara Kedisiplinan Belajar dan Pemahaman Pendidikan Agama Islam dengan Pengamalan Shalat siswa. untuk nilai R dalam Model Summary adalah sebesar 0,222 maka dari itu dapat dikatakan bahwa nilai tersebut berarti rendah, karena nilai R berada di antara 0,20 – 0,40. Jadi hubungan Kedisiplinan Belajar dan Pemahaman Pendidikan Agama Islam dengan Pengamalan Shalat siswa adalah Rendah. Kata kunci : Kedisiplinan Belajar, Pemahaman Materi shalat dan Pengamalan sholat siswa.