PENGARUH REGULASI DIRI TERHADAP KEMATANGAN EMOSI PADA SISWA PROGRAM AKSELERASI DI SMA NEGERI 1 JEMBER

Main Authors: Al-Jufri, Fimas Maulana, Ervina, Iin; Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Jember
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Muhammadiyah Jember , 2016
Online Access: http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/INSIGHT/article/view/319
http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/INSIGHT/article/view/319/226
Daftar Isi:
  • Kematangan emosi pada siswa akselerasi dipengaruhi oleh banyak faktor,salah satunya adalah regulasi diri. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruhregulasi diri terhadap kematangan emosi pada siswa program akselerasi di SMANegeri 1 Jember.Skala regulasi diri (α = 0.865; rxy aitem = 0.061 – 0.718) dan skalakematangan emosi (α = 0.865; rxy aitem = 0.234 – 0.658). Sampel pada penelitianini berjumlah 36 sampel. Hasil uji linieritas dari kedua variabel dinyatakan linier(p < 0.05) dan data terdistribusi normal (p > 0.05).Berdasarkan analisis data yang dilakukan dengan menggunakan analisisregresi sederhana diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh variabel regulasi diriterhadap variabel kematangan emosi (F = 4.208, p < 0.05). Hal ini berartihipotesis penelitian dapat diterima (R = 0.332, p < 0.05) dan berdasarkan nilaisumbangan relatif (R2) menunjukkan bahwa regulasi diri memberikan kontribusisebesar 11.0% terhadap kematangan emosi.