FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN IPS DI SMPK MARIA FATIMA JEMBER

Main Authors: Murdani, Vinsensius Andi, Rahmanawati, Festa Yumpi; Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Jember
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Muhammadiyah Jember , 2016
Online Access: http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/INSIGHT/article/view/311
http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/INSIGHT/article/view/311/219
Daftar Isi:
  • Minat belajar siswa SMPK Maria Fatima Jember pada mata pelajaran IPSsangat menonjol dibandingkan dengan mata pelajaran lainnya. Penelitian inibertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar siswaterhadap mata pelajaran IPS di SMPK Maria Fatima Jember.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Populasipenelitian berjumlah 120 siswa. Penentuan sampel dengan teknik quota sampling.Jumlah sampel penelitian sebanyak 89 siswa. Teknik analisis mempergunakananalisis faktor model confirmatory. Rancangan skala terdiri dari 6 faktor yangdikembangkan oleh Rahayu (dalam Muhibbin, 2005) dan Chritine (dalam Painun2008).Hasil penelitian ini yaitu, nilai reliabilitas sebesar 0.923 (memenuhikriteria skala baik). Hasil analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajarsiswa terhadap mata pelajaran IPS di SMPK Maria Fatima Jember, antara lain:faktor perasaan senang (35.229%), faktor perhatian lebih (11.894%), faktor caramengajar guru (6.400%), faktor karakter guru (5.904%), faktor suasana kelas(5.051%), faktor fasilitas belajar (4.271%).