HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DENGAN KEMANDIRIAN PADA PESERTA DIDIK DI SMPN 3 JEMBER
Main Authors: | Sari, Anggraeni Swastika, Ervina, Iin; Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Jember |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Muhammadiyah Jember
, 2016
|
Online Access: |
http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/INSIGHT/article/view/280 http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/INSIGHT/article/view/280/187 |
Daftar Isi:
- Mencontek sering dilakukan oleh peserta didik, apalagi dalam keadaanterdesak, yaitu saat ujian. Fenomena yang pernah terjadi adalah adanya pesertadidik yang melakukan contek massal saat UN. Kejadian ini merupakan salah satubentuk perilaku peserta didik yang mencerminkan ketidakmandirian dalam halakademik. Selain itu ada fenomena lain berkaitan dengan ketidakmandirian, yaitudalam perilaku sosial dan emosional yang terjadi di SMPN 3 Jember. Fenomenainilah yang membuat penelitian ini dilakukan.Metode penelitian yang dilakukan adalah kuantitatif korelasi. Metodepengumpulan data menggunakan skala psikologi dengan model Thurstone yangmenggunakan rentangan angka 1 sampai 7. Populasi dan sampel penelitian adalahpeserta didik SMPN 3 Jember. Teknik pengambilan sampel menggunakanpurposive random sampling atau pengambilan data secara acak. Teknik analisisyang digunakan adalah analisis product moment .Berdasarkan hasil analisa diperoleh nilai korelasi rxy = 0.464 dengansignifikan = 0.000 yang menyatakan bahwa rxy= 0.464 < p = 0.05.Sehingga H1 diterima, maka dapat dikatakan ada korelasi yang signifikan antaraefikasi diri dan kemandirian, artinya bahwa ketika efikasi diri tinggi makatentunya peserta didik akan mandiri dalam melakukan tugas-tugasnya,sebaliknya ketika efikasi diri rendah maka peserta didik tidak mandiri dalammelakukan tugas-tugasnya.