TRANSFORMASI ELEMEN PESANTREN PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PESANTREN AS’ADIYAH SENGKANG: KONTINUITAS DAN PERUBAHAN

Main Authors: Hasanuddin, Muhammad Irfan, Sudirman, Sudirman
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Institut Agama Islam Negeri Palopo , 2020
Subjects:
Online Access: http://ejournal.iainpalopo.ac.id/index.php/iqro/article/view/1432
http://ejournal.iainpalopo.ac.id/index.php/iqro/article/view/1432/1025
Daftar Isi:
  • Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengeksplorasi konsep Dhofier tentang elemen pesantren dan bagaimana elemen ini bertransformasi dalam mengaya pembelajaran bahasa Arab di Pesantren As’adiyah dalam konteks kontinuitas dan perubahan. Tulisan ini dielaborasi dari hasil penelitian yang menggunakan metode deskriptif kualitatif melalui wawancara, observasi serta sutdi dokumen. Dengan menggunakan kerangka kontinuitas dan perubahan, penelitian menemukan bahwa transformasi elemen pesantren: kiyai-santri, mesjid-pengkajian kitab kuning dan asrama pesantren, berkontribusi positif dalam memperkaya pembelajaran bahasa Arab melalui integrasi pembelajaran di Pesantren As’adiyah Sengkang.