UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA EDUKATIF (APE)
Main Authors: | Nilawati, Cici, Warkintin, Warkintin, Sore, Avelius Dominggus |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
STKIP Persada Khatulistiwa Sintang
, 2018
|
Online Access: |
http://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/VOX/article/view/71 http://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/VOX/article/view/71/68 |
Daftar Isi:
- Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan Penggunaan Alat Peraga Edukatif (APE) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi peran sebagai anggota keluarga pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan sosial (IPS) Kelas II Sekolah Dasar Negeri 23 Lundang Baru Tahun Pelajaran 2015/2016. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif bentuk penelitian tindakan kelas. Hasil Penelitian diperoleh Alat Peraga Edukatif (APE) dapat meningkatkan hasil belajar IPS Siswa materi peranan sebagai anggota kelurga berkategori sangat baik, siswa dapat berperan aktif. Peningkatan hasil belajar IPS dengan Alat Peraga Edukatif (APE) pada siklus I diperoleh hasil siswa rata-rata sebesar 62% dan meningkat pada siklus II mencapai 81% sehingga terjadi peningkatan hasil belajar 19%. Tingkat ketuntasan klasikal pada siklus I adalah 47% dari 8 orang siswa tidak tuntas dan 7 orang siswa yang tuntas. Pada siklus II sebanyak 14 siswa yang tuntas dan 1 orang tidak tuntas dan ketuntasan klasikal mencapai 94%. Respon siswa terhadap penggunaan Alat Peraga Edukatif (APE) menunjukan respon positif. Hal ini bahwa penggunaaan Alat Peraga Edukatif (APE) dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Alat Peraga Edukatif (APE), Hasil Belajar Siswa