PENGARUH PENERAPAN METODE RESITASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KEGIATAN EKONOMI MASYARAKAT
Main Authors: | Relita, Dessy Triana, Karolina, Maria |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
STKIP Persada Khatulistiwa Sintang
, 2019
|
Online Access: |
http://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/VOX/article/view/417 http://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/VOX/article/view/417/389 |
Daftar Isi:
- Tujuan umum yang ingin diketahui dari penelitin ini adalah “untuk mengetahui pengaruh penerapan metode resitasi terhadap hasil belajar siswa pada materi kegiatan ekonomi masyarakat di kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Dedai”. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran resitasi yang menjadi variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Bentuk penelitian dalam penelitian ini adalah berbentuk eksperimen. Jenis penelitiannya adalah eksperimen true experiment. Desain penelitiannya adalah pre-test post-test control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Dedai yang terdiri dari kelas VIIA, VIIB, VIIC, dan VIID dengan seluruh jumlah siswa 161. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah teknik simple random sampling, kelas VIIA dan VIIB sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik pengukuran. Alat pengumpulan datanya berupa soal tes. Berdasarkan perhitungan menggunakan uji z pada taraf signifikan α = 0,05 terhadap data post-test I kelompok eksperimen diperoleh zhitung = 1,28 dan ztabel = -1,65 atau zhitung > -ztabel = 1,28 > -1,65 sedangkan kelompok kontrol diperoleh zhitung = -1,08 dan ztabel = -1,65 atau -zhitung < -ztabel = -1,08 < -1,65. Perhitungan data post-test II kelompok eksperimen diperoleh zhitung = 0,61 dan ztabel = -1,65 atau zhitung > -ztabel = 0,61 > -1,65 sedangkan kelompok kontol diperoleh zhitung = -1,08 dan ztabel = -1,65 atau -zhitung < -ztabel = -1,08 < -1,65. Artinya data post-test I dan II pada kedua kelompok memiliki perbedaan yang nyata maka Ho ditolak dan Ha diterima = terdapat perbedaan yang signifikan antara penerapan metode resitasi dan metode ceramah terhadap hasil belajar siswa pada materi kegiatan ekonomi masyarakat. Kata Kunci: Penerapan Metode Resitasi, Hasil Belajar Siswa dan Kegiatan Ekonomi Masyarakat.