ANALISIS KEMAMPUAN PEDAGOGIK GURU MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SEKOLAH DASAR NEGERI 08 SINTANG
Main Authors: | Seran, Eliana Yunitha, Widyaningsih, Veronika Susanti Tri |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
STKIP Persada Khatulistiwa Sintang
, 2018
|
Online Access: |
http://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/VOX/article/view/126 http://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/VOX/article/view/126/128 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan analisis kemampuan pedagogik guru mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial kelas V sekolah dasar negeri 08 sintang tahun pelajaran 2013/2014. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subyek penelitian yaitu 1 orang guru bidang studi Ilmu Pengetahuan Sosial serta murid kelas VA Sekolah Dasar Negeri 08 Sintang berjumlah 28 orang. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik observasi, teknik wawancara, serta teknik dokumentasi. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data di lapangan adalah pedoman observasi, pedoman wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yaitu hasil observasi dan wawancara diperoleh suatu gambaran bahwa kemampuan pedagogik guru mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada proses pembelajaran merupakan hal yang utama, pada tahap pelaksanaannya guru Adanya faktor pendukung yaitu kebijakan pengembangan kualifikasi dan guru ikut serta dalam pelatihan-pelatihan serta meningkatkan keterampilan tekhnologi informatika, buku-buku penunjang yang berhubungan dengan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Dan faktor penghambat materi yang diajarkan dirasakan guru terlalu banyak sehingga kesuliatan dalam menyampaikan materi yang harus disesuaikan dengan waktu. Kemampuan pedagogik guru mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar. Kata kunci : Kemampuan, Pedagogik, Ilmu Pengetahuan Sosial