PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KOMPETENSI DASAR MENDENGARKAN PENJELASAN TENTANG SIMBOL

Main Authors: Suriyanti, Yulia, Marganingsih, Anna, Gelang, Novia Apriyani
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: STKIP Persada Khatulistiwa Sintang , 2018
Online Access: http://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/VOX/article/view/120
http://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/VOX/article/view/120/116
Daftar Isi:
  • Apakah terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia kompetensi dasar mendengarkan penjelasan tentang simbol tahun pelajaran 2014/2015? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kompetensi dasar mendengarkan penjelasan tentang simbol. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Bentuk penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen yang berbentuk quasi eksperimen (eksperimen semu) dengan desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalen control group design . Hal ini ditunjukkan dengan pengujian hipotesis pada hasil posttest yang memperoleh nilai sebesar 6,002 dan perolehan nilai pada taraf signifikan 0,05 sebesar 2,018. Pengujian hipotesis membuktikan bahwa (6,002>2,018) yang artinya hipotesis nol (ho) ditolak. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match dan Hasil Belajar