EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE HYPNOTEACHING UNTUK MENINGKATKAN AKHLAK SISWA

Main Authors: Zalfa, Khulaimata, Chasanah, Uswatun
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: IAIIG Cilacap , 2018
Subjects:
Online Access: http://ejournal.iaiig.ac.id/index.php/TWD/article/view/5
http://ejournal.iaiig.ac.id/index.php/TWD/article/view/5/9
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan dengan tujuan: 1) Untuk mengetahui tingkat akhlak siswa kelas V MI Ma’arif Gandrungmanis; 2) Untuk mengetahui keefektifan metode hypnoteaching dalam meningkatkan akhlak siswa kelas V MI Ma’arif Gandrungmanis tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyyah (MI) Ma’arif Gandrungmanis kecamatan Gandrungmangu pada bulan Januari - Juli 2017. Variable bebas dalam penelitian ini adalah hypnoteaching sedangkan variable terikatnya adalah akhlak. Analisis data menggunakan Paired-sample T test yaitu analisis dengan melibatkan dua pengukuran pada subyek yang sama terhadap suatu pengaruh atau perlakuan tertentu. Analisis data ini disesuaikan dengan desain Quasi Experiment penelitian ini. Hasil penelitian yaitu: 1) akhlak siswa: (a) sebelum mendapatkan hypnoteaching nilai tertinggi 67 dan nilai terendah 58 dengan nilai rareta kelas 62,97 ; (b) setelah mendapatkan hypnoteaching nilai tertinggi 76 dan nilai terendah 67 dengan nilai rerata kelas 71,42.; 2) Metode hypnoteaching efektif digunakan untuk meningkatkan akhlak siswa kelas V MI Ma’arif Gandrungmanis tahun pelajaran 2016/2017.