UPAYA MENAIKKAN KUALITAS PENDIDIKAN DENGAN PEMANFAATAN YOUTUBE SEBAGAI MEDIA AJAR PADA MASA PANDEMI COVID-19

Main Author: Sari, Lurita
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: IAIIG Cilacap , 2020
Subjects:
Online Access: http://ejournal.iaiig.ac.id/index.php/TWD/article/view/226
http://ejournal.iaiig.ac.id/index.php/TWD/article/view/226/163
Daftar Isi:
  • Guru sebagai sumber terpenting dalam penyampaian materi pembelajaran tidak dipungkiri harus mempunyai seribu akal untuk mencapai kualitas pengajaran yang mumpuni. Tidak dipungkiri masa daurat kesehatan atau pandemi Covid-19 telah banyak merubah strategi belajar baik guru maupun siswanya. Semua komponen dalam kegiatan pembelajaran harus dapat mengikuti trend perkembangan tuntutan belajar. Kemampuan guru dalam penguasaan teknologi seolah mendapat tantangan baru ketika siswa dan guru tidak lagi dapat bertatap muka. Guru pun harus bisa memuaskan orangtua siswa sebagai pihak pelanggan dari layanan pendidikan. Guru juga harus bias memnuhi target mengajar tuntas dan mendapatkan hasil berupa feedback langsung dari para siswanya. Guru pun tidak lagi gusar karena feedback tersebut secara langsung dapat dilihat pada saat setelah siswanya dipastikan menyimak melalui media yang disepakati. Youtube sebagai solusi alternative media pembelajaran mencoba menaikkan kualitas pengajaran guru dimasa pandemic Covid-19 dirasakan sebagai oase di padang pasir.