Perlindungan Hukum Bagi Konsumen Oleh Lembaga Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Main Author: Isnaeni, Atin Meriati
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Fakultas Hukum Universitas Islam Al-Azhar Mataram , 2018
Online Access: http://e-journal.unizar.ac.id/index.php/ulr/article/view/36
http://e-journal.unizar.ac.id/index.php/ulr/article/view/36/33
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, memahami dan mengkaji pengaturan   pengawasan oleh Bank Indonesia dan OJK dalam upaya memberi perlindungan hukum bagi konsumen dalam sektor jasa keuangan (khususnya sektor Perbankan) berdasarkan UU Perbankan dan peraturan pelaksanaannya. Adapaun pendekatan yang digunakan dalam penelian ini antaralain adalah Pendekatan peraturan perundang-undangan (statute approach); Pendekatan konseptual (conseptual approach); Pendekatan historis (history approach); dan Pendekatan komparatif (comparative  approach). Bahwa pengawasan yang dilakukan oleh BI khusus terhadap lembaga keuangan Perbankan, sedangkan OJK bersifat umum baik terhadap lembaga keuangan bank maupun non bank.