Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Brand Equity Pada Smartphone Merek Blackberry
Daftar Isi:
- Salah satu produk telekomunikasi yang dipersaingkan oleh para produsen di era ini adalah smartphone. Secara khusus penelitian ini akan membahas mengenai smartphone merek Blackberry, dimana pada tahun 2011 merek Blackberry mendominasi penjualan terlaris di Indonesia dibanding smartphone merek lain. Akan tetapi pangsa pasar Blackberry kian menurun setelah dua tahun berselang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas, loyalitas merek dan citra merek terhadap ekuitas merek pada smartphone merek Blackberry. Penelitian ini dilakukan di Kota Batam tepatnya di kampus Universitas Internasional Batam. Kuesioner disebarkan kepada 250 responden, dengan total 22 pertanyaan untuk mengukur variabel yang telah ditentukan. Alat analisis yang digunakan untuk mengelola data adalah program SPSS 21. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa variabel kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas, loyalitas merek dan citra merek terdapat pengaruh signifikan positif terhadap ekuitas merek pada smartphone merek Blackberry.