Analisis Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Niat Pembelian Tv Lcd dan Led di Kota Batam
Daftar Isi:
- Zaman sekarang semakin banyak perusahaan elektronik memproduksi TV LCD dan LED dengan berbagai ukuran dan spesifikasi yang tinggi. Seperti yang kita ketahui perusahaan SHARP, LG, Samsung, Sony dan lainnya adalah perusahaan yang sudah terkenal merek TV LCD dan LED dengan kualitas yang bagus dan teknologi yang canggih. Dengan adanya banyak perusahaan tersebut maka tingkat persaingan¬¬ pun semakin tinggi. Penerapan strategi yang efektif menjadi kunci dalam memenangkan persaingan. Salah satu strategi yang efektif ialah niat pembelian. Kemudian untuk menerapkan perlu mengetahui faktor-faktor pembentuk niat pemnbelian. Melalui penelitian ini, dapat diketahui pengaruh ekuitas merek yang terdiri dari kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas dan loyalitas merek terhadap niat pembelian. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang menggunakan maupun yang membeli TV LCD atau LED TV pada masyarakat kota Batam dengan metode purposive sampling. Data yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner sebanyak 200 orang dan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara menyebar kuesioner. Hasil penelitian menunjukan bahwa kesadaran merek, asosiasi merek dan loyalitas merek berpengaruh terhadap niat pembelian. sedangkan variabel persepsi kualitas tidak dapat menunjukan hasil dikarenakan terjadi multikolinearitas.