Analisis Faktor yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Adopsi Mobile Payment di Batam
Daftar Isi:
- Teknologi mobile telah menjadi semakin umum dalam kehidupan sehari-hari saat ini. Meskipun teknologi semakin canggih, namun frekuensi penggunaan mobile payment masih rendah. Ternyata, masih ada nasabah yang belum bisa menerima layanan mobile payment. Penelitian ini menyoroti aspek yang berbeda dari nasabah mengenai persepsi risiko yang dirasakan, menganalisis pengaruh persepsi risiko dan kesediaan nasabah untuk menerima inovasi pada adopsi mobile payment. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah judgement sampling. Karena sampel yang diambil dalam penelitian ini memiliki data kriteria yang diperlukan dan memiliki informasi tentang variabel yang digunakan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah masyarakat Batam yang pernah menggunakan transaksi mobile payment. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 204 responden. Data yang terkumpul kemudian akan diolah dengan metode regresi berganda. Hasil dari penelitian tersebut ditemukan bahwa risiko kinerja berpengaruh signifikan dan negatif pada adopsi mobile payment. Resiko keamanan dan risiko sosial tidak berpengaruh signifikan dan negatif pada adopsi mobile payment. Risiko risiko dan privasi waktu berpengaruh signifikan dan positif terhadap adopsi mobile payment. Adopsi inovasi adalah variabel moderasi yang berpengaruh signifikan dan positif terhadap adopsi mobile payment.