Daftar Isi:
  • Fokus dari penelitian ini adalah untuk Evaluasi kinerja terminal penumpang keberangkatan pada Bandar udara Internasional Hang Nadim Batam. Melakukan penelitian di lapangan selama 6 hari mulai pukul 08.00 – 17.00 dengan mengambil beberapa data seperti Pergerakan Penumpang yang berangkat, Lama pelayanan dan antrian pada Counter Check-In, Pemeriksaan Security (Terpusat), Pergerakan penumpang pada pintu transfer, dan Penelitian pada Ruang Tunggu keberangkatan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa keadaan eksisting dilapangan pada Bandar Udara Internasional Hang Nadim Batam sudah harus di tingkatkan lagi daya tampung nya, seperti keadaan Ruang Tunggu Keberangkatan yang sudah hampir penuh pada jam sibuk, kemudian pelayanan Counter Check-In yang harus dilakukan penambahan. Peningkatan daya tampung ini juga dipengaruhi oleh peningkatan jumlah penduduk di Kota Batam, serta Batam menjadi Hub wilayah Sumatera untuk Maskapai Lion Air dan Citilink.