Analisis Pengaruh Performance Expectancy, Benefits, Trust, Self Efficacy, Ease Of Use dan Security Terhadap Customer Intention Menggunakan E-payment System pada Mahasiswa di Kota Batam
Daftar Isi:
- Adapun maksud dari penelitian ini untuk melihat faktor yang memengaruhi mahasiswa di Kota Batam untuk menggunakan e-payment system. Faktor-faktor yang diteliti adalah performance expectancy, benefits, trust, self efficacy, ease of use dan security sebagai variabel independen terhadap niat penggunaan sistem pembayaran elektronik sebagai variable dependen. Metode purposive sampling digunakan dalam pengambilan sampel. Dengan metode penyebaran kuesioner yang berjumlah 255 responden. Sampel yang dipilih dalam penelitian ini adalah mahasiswa dari empat universitas besar yang ada di Batam yaitu Universitas Internasional Batam, Universitas Riau Kepulauan, Universitas Putra Batam dan Politeknik Batam. Hasil penelitian ini menghasilkan bahwa performance expectancy, benefits dan, self efficacy memiliki pengaruh terhadap niat penggunaan e-payment system, hasil menunjukan signifikan positif, sedangkan trust, self efficacy dan security menghasilkan hasil yang signifikan negatif atau tidak memiliki pengaruh. Dengan demikian ini dapat digunakan sebagai referensi oleh pengembang sistem pembayaran elektronik, baik swasta maupun pemerintah, untuk meningkatkan efektivitas layanan sistem non-tunai. ********************************************************************** The purpose of this survey was to expose the influence of electronic payment to the students. The factors surveyed including performance expectancy, trust, self-efficacy, ease of use and security using independent variable for customer intention using of electronic payment. The sample was taken in this study using purposive sampling method by distributing questionnaires to 255 students from four top universities in Batam, Kepulauan Riau, namely Universitas Internasional Batam, Universitas Riau Kepulauan, Universitas Putra Batam and Politeknik Batam. The result of this survey indicates that performance expectancy, benefits and self-efficacy have positive significant influence to the students, and trust, ease of use and security don’t have positive significant influence to the students. Thus this can be used as a reference for e-payment system developers, both private and governmental, to increase the effectiveness of non-cash system services.